UniqMag

Gaji Belum Dibayar Karyawan PT Truba Lakukan Demo

berita terkini
Nampak para karyawqan saat menyampaikan tuntutannya

OGAN KOMERING ILIR, (suaraindonesia.co.id) -  Gaji bulan Juni 2018 belum dibayarkan oleh manajemen, ribuan karyawan PT Truba Jaya Engginering yang merupakan sub kontraktror PT OKI Pulp and Paper di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), melakukan Unjuk rasa (unras) di areal perusahaan tersebut Selasa (3/7/2018). Karyawan meminta perusahaan segera membayarkan hak mereka yang berupa gaji.

Sebelumnya, manajemen berjanji akan membayarkan gaji karyawan pada tanggal 25 Juni, namun sudah memasuki bulan Juli pihak manajemen PT Truba yang merupakan kontraktor pembangunan Pabrik Kertas tersebut belum juga membayarkannya.

“Memang gaji yang belum dibayar hanya 1 bulan yakni bulan Juni 2018, tapi mereka tidak menempati janjinya. Padahal di agrimen pertama kerja tertulis gaji paling lambat dibayar tanggal 30, sekarang sudah tanggal 3, tapi gaji belum juga dibayar," cetus salah satu karyawan yang meminta namanya tidak dituliskan.

ia menjelaskan, jika jumlah karyawan PT Truba Jaya Engginering sebanyak 2.149 orang dan gaji masing-masing karyawan bervariasi sesuai dengan klasifikasi pekerjaan. "Gaji kami bervariasi antara 7 juta - 15 juta perbulan, ada beberapa karyawan yang sudah digaji tapi banyak pemotongan dan tidak jelas pemotongan apa," terangnya.

Karyawan juga menegaskan jika manajemen tidak merealisasikan pembayaran gaji terhadap ribuan karyawan ini, maka karyawan akan melakukan hal anarkis dengan merusak kantor dan seluruh asset perusahaan.

"Kami berharap kepada pemerintah daerah untuk turun ke lapangan dan memberi sanksi kepada PT Truba Jaya ini," pungkasnya.

Hingga berita ini ditayangkan, Manajemen PT Truba Jaya Engginering belum berhasil dikonfirmasi. Sementara Kepala Disnakertrans OKI, Tohir Yanto melalui Kabid Hubungan Industrial Iqbal Basa mengatakan, pihaknya telah menghubungi Pengawas, dan perusahaan akan membayar.

"Kita sudah kontak ke Pengawas,tanggal 4 pembayaran. Kalau tidak dilakukan pembayaran,kita akan memanggil perusahaan."ungkapnya. (firman)

Reporter : Firman
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Sawek Singh: Pelatih Harus Mengajarkan Basic Dasar Hoki
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda