UniqMag

Terpaut Lebih Seribu Suara, Isran-Hadi Kalah Dikandang Sendiri

berita terkini
Suasana dalam rapat pleno KPU Kutim di hotel Victoria

KUTAI TIMUR, (Suaraindonesia.co.id) - Meski merupakan putra daerah, Isran Noor yang berpasangan dengan Hadi Mulyadi harus mengakui keunggulan Paslon no 2.Syahari Ja'ang-Awang Ferdian Hidayat dalam perhelatan Pilgub Kaltim yang dilakukan di Kutai Timur, (Kutim) 27 Juni lalu.

Hal ini terlihat saat rekapitulasi suara dari seluruh Kecamatan di Kutim yang digelar dalam Rapat pleno terbuka dalam rangka rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU Kutim di Hotel Victoria, Kutim, Rabu (4/7/2018).

Dari Pleno tersebut, Paslon no urut 2, Syaharie Jaang-Awang Ferdian (Jadi) mendapatkan suara 32.464 unggul 1.000 suara lebih diatas paslon nomor 3, Isran Noor - Hadi Mulyadi yang berada  di posisi kedua dengan perolehan 30.949 suara.

Sedangkan paslon nomor 4, Rusmadi Wongso-Syafaruddin yang meraih 20.296 suara berada di urutan Ketiga. Sementara urutan terakhir, paslon nomor urut 1 Sofyan Hasdam-Rizal Efendi hanya memperoleh 17.254 suara.

Ketua KPU Kutim, Fahmi Idris menuturkan, angka Golput dalam Pilgub Kaltim yang digelar kali ini mencapai angka 2.092 surat suara dari total 103.055 surat suara yang masuk. Sementara  total pemilih diperkirakan dikisaran 48% dari total keseluruhan penduduk Kutim yang memiliki hak suara.

Menurut fahmi, KPU Kutim telah berupaya sebaik dan semaksimal mungkin baik dalam sosialisasi dan juga penyelenggaraan Pilgub di Kutim, Ia optimis dalam Pilpres 2019 mendatang KPU akan mampu untuk lebih menarik warga kutim untuk menggunakan hak pilihnya.

"Kemungkinan masyarakat masih belum tahu tatacara mencoblos atau menggunakan hak pilihnya sehingga masih ada yang melakukan kesalahan dalam menggunakan hak pilihnya itu mungkin yang mempengaruhi tingginya angka golput saat ini,” terang Fahmi.

Fahmi menambahkan, jika banyak faktor yang mempengaruhi jumlah pemilih di Kutim dalam menggunakan hak suaranya. Seperti masih dalam suasana lebaran, sehingga banyak yang masih masyarakat Kutimyang belum kembali dari mudik. Selain itu, juga hujan deras yang mengguyur mulai pagi hari waktu pemilihan.

“Pilpres 2019 mendatang kami akan mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suaranya seperti dalam target nasional sebesar 77% partisipasi masyarakat,” pungkasnya. (Qiqi)

Reporter : Muhammad
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Liputan Liga 3, Wartawan Jember Dikeroyok Pemain Bola di Depan Anaknya
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda