UniqMag

Pilgub Kaltim, Paslon Rusmadi-Safaruddin Menang di Balikpapan

berita terkini
Suasana Rapat Pleno Terbuka KPU Kota Balikpapan di Hotel Novotel, Jalan Brigjen Ery Suparjan, Balikpapan, Rabu (4/7/2018).

BALIKPAPAN, (suaraindonesia.co.id) - Pasangan calon (Paslon) nomor urut 4 Pilgub Kaltim, Rusmadi Wongso-Safaruddin menang di Kota Beriman Balikpapan. Ini berdasarkan data rekapitulasi perhitungan suara yang dilaksanakan KPU Balikpapan di Hotel Novotel, Rabu (4/7/2018).

Pleno tersebut berjalan lancar. Dari hasil perhitungan di pleno tersebut, paslon Rusmadi-Safaruddin memperoleh jumlah suara sebanyak 83.491, kemudian disusul paslon nomor urut 1 Andi Sofyan Hasdam-Rizal Effendi dengan jumlah suara 82.488.

Sementara paslon nomor urut 3 Isran Noor-Hadi Mulyadi memperoleh suara sebanyak 68.647 dan paslon nomor 2 Syaharie Jaang-Awang Ferdian meraih suara sebanyak 22.115.

"Kalau melihat hasilnya, paslon nomor 4 unggul. Disusul paslon nomor 1, kemudian paslon nomor 3 dan paslon nomor 1," kata Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha usai rapat pleno tersebut.

Berdasarkan data KPU, daftar pemilih yang menggunakan hak suaranya di Pilgub Kaltim kali ini adalah 268.491 orang, dengan jumlah suara sah sebanyak 256.741. Sementara selisih di antaranya merupakan suara tidak sah yang berjumlah 11.750 suara.

Disampaikan Noor Thoha, jumlah suara tidak sah tersebut dinilai tinggi. Ada beberapa faktor menurutnya yang membuat menjadi tidak sah, di antaranya karena kesengajaan dan ketidaktahuan.

"Ini disayangkan. Sudah datang ke TPS terus enggak sah suarany. Kan sayang. Karena jumlahnya cukup signifikan. Banyak faktor, bisa human error karena dia tidak paham, ada juga karena kesengajaan," tuturnya.

Selanjutnya, kata Noor Thoha hasil pleno berupa data DB akan dibawa ke KPU Kaltim untuk diplenokan.

"Malam ini hasil pleno ini kita bawa ke provinsi. Di provinsi nanti plenonya tanggal 7 Juli sampai 9 Juli 2018," pungkasnya.

Reporter : Ariyansah
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Terpaut Lebih Seribu Suara, Isran-Hadi Kalah Dikandang Sendiri
Berita Selanjutnya Mendagri Lantik Deputi BNPP Menjadi Penjabat Gubernur NTT

Komentar Anda