UniqMag

Greeeng, 60 Motor Korban Banjir Banyuwangi Bisa Menyala Lagi

berita terkini
Bengkel servis motor gratis bagi korban banjir dibuka di Posko MDMC di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi.

BANYUWANGI, (suaraindonesia.co.id)-Sebanyak 60 unit sepeda motor milik warga korban banjir bandang di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, telah diperbaiki. Perbaikan dilakukan selama tiga hari oleh Posko Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) dan Lazismu bekerja sama dengan SMK Muhammadiyah 2 Genteng dan SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi.

Sejak Selasa (3/7/2018) hingga Kamis (5/7/2018), sebanyak 20 siswa dari kedua SMK itu dikerahkan di bengkel Posko MDMC. Saat proses perbaikan motor berlangsung, setiap lima siswa didampingi satu orang instruktur dari bengkel resmi.

Hari Wahyudi,  Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi mengatakan, setiap hari bengkel dadakan di lokasi bencana banjir Dusun Bangunrejo, Desa Alas Malang itu memperbaiki 20 sepeda motor. “Selama tiga hari ini, total 60 sepeda motor telah diservis di bengkel siswa SMK ini,” katanya.

Rata-rata sepeda motor yang terendam banjir mengalami kerusakan ringan. Akibat kemasukan air, mesin sepeda motor mengalami kerusakan pada komponen kelistrikan dan pengapiannya. “Servis sepeda motor ini gratis,” ujar Hari.

Bengkel gratis di lokasi bencana banjir itu merupakan inovasi dari Posko MDMC bersama Lazismu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyuwangi, SMK Muhammadiyah 2 Genteng, dan SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi. Bantuan kepada korban banjir tidak melulu berupa logistik. Tetapi juga berupa servis gratis sepeda motor yang terendam banjir, sehingga mesinnya tidak bisa dinyalakan. “Bantuan ini sangat bermanfaat bagi korban banjir yang motornya rusak. Bagi siswa juga menjadi ajang praktik langsung dan transfer ilmu dari instruktur bengkel resmi kepada siswa SMK,” imbuhnya.

Pemilik motor  Gigih Warsito mengaku senang dengan adanya posko servis motor gratis itu. Pasalnya,  banyak motor yang rusak. Padahal untuk memperbaiki ada kendala  biaya.

 “Jika memperbaiki di bengkel resmi akan mengeluarkan banyak uang, alhamdulillah ada bengkel gratis dari siswa SMK Muhammadiyah ini,” ungkapnya. (suryaanto)

Reporter : Windi Ashari
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Komisi IV DPRD Balikpapan Dukung PPDB SMA-SMK Diperpanjang
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda