UniqMag

Wartawan Surabaya Gelar Aksi Solidaritas Kekerasan Jurnalis di Jember

berita terkini
Aksi Solidaritas yang dilakukan Aliansi Wartawan Surabaya

SURABAYA, (suaraindonesia.co.id)- Kekerasan terhadap wartawan kembali terjadi. Kali ini menimpa Oryza A. Irawan wartawan beritajatim.com saat meliput pertandingan lanjutan Liga 3 derby antara Persid Jember melawan PS Dharaka Sindo, atas tindakan pengroyokan yang dialami Oryza tersebut Aliansi Wartawan Surabaya, bersama sejumlah wartawan bersimpati dan bersatu melakukan aksi solidaritas.

Aksi di lakukan di depan gedung Grahardi Surabaya, Kamis (5/07). Dalam aksinya sejumlah wartawan membawa karton putih bertuliskan peringatan dan ancaman ke pada pelaku kekerasan, serta orasi yang dilakukan oleh Tuji Marjuki ketua Aliansi Wartawan Surabaya.

“ Ingaat, ingat saat itu Oryza tengah melakukan tugas liputan, maka kekerasan yang di lakukan merupakan pelanggaran hukum terhadap jurnalis dan perkaranya harus di usut tuntas. Hidup Jurnalis,” teriaknya dengan lantang.

Tak hanya orasi, dalam aksi kali ini Aliansi Wartawan Surabaya juga melakukan teatrikal pendek yang menggambarkan keadaan Oryza ketika ia mengalami kekerasan saat menjalankan tugasnya.

Teatrikal pendek itu bertujuan untuk memperlihatkan ke pada masyarakat dan semua, bahwa jurnalis tidak sepatutnya mengalami kekerasan, karena jurnalis merupakan pemberi informasi kepada masyarakat.

Dari adanya kejadian kelam ini, membuat Rahardi Soekarno atau yang kerap di panggil Anto salah satu wartawan online beritajatim.com Surabaya berharap kekerasan pada wartawan tidak terjadi lagi.

“Kejadian seperti ini jangan terjadi lagi, cukup terjadi di Jember, karena jurnalis bukanlah musuh bagi aparat, sudah ada wadahnya bila keberatan, maka akan diadakan hak jawab,” ujarnya.

Bukti dukungan juga di utarakan Marjuki “ Kami dari Aliansi Wartawan Surabaya sepakat akan mengawal peristiwa sampai penyelesaian ke jalur hukum “ tutupnya. (Jelita)

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Dua Personel Brigif 9 Jember Dimintai Keterangan Polisi
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda