UniqMag

Menteri Agama Resmikan IAIN Madura di Pamekasan, Ini Pesannya

berita terkini
Menag RI Lukman Hakim Saifuddin saat meresmikan IAIN Madura secara simbolis dengan pelepasan balon.

PAMEKASAN, (suaraindonesia.co.id)- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura telah diresmikan langsung oleh Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin, Kamis (05/07).

Peresmian yang berlangsung di halaman Gedung Baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura di Jalan Raya Panglegur KM 4 Tlanakan itu dihadiri oleh seluruh pimpinan hingga jajaran staf IAIN Madura, Forkopimda dan Kepala Kemenag Pamekasan.

Rekor IAIN Madura Mohammad Kosim mengatakan, peralihan status dari sekolah tinggi menjadi institut seyogyanya sudah resmi pasca ditandatanganinya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 28 Tahun 2018 tentang IAIN Madura.

"Sebenarnya kami hanya ingin memperkenalkan pada masyarakat bahwa STAIN Pamekasan sudah menjadi IAIN Madura," tuturnya.

Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, peralihan status IAIN Madura harus disambut dengan baik oleh semua pihak. Terutama oleh civitas akademika IAIN Madura dan masyarakat Madura secara umum.

“Dengan ucapan Bismillah, hari ini secara resmi IAIN Madura di resmikan. Semoga kedepan semakin sukses," katanya.

Dalam peralihan status IAIN Madura, Lukman Hakim Saifuddin menekankan agar bagaimana perguruan tinggi bisa meningkatkan kualitas pendidikan terutama dalam bidang Ilmu keagamaan.

“Perguruan Tinggi dituntut harus berkreasi dan berinovasi yang lebih bermanfaat dan konstektual dengan disesuaikan dengan kondisi saat ini," terangnya.

Ia juga berpesan agar dengan diresmikannya IAIN, dapat memperkokoh keislaman yang moderat di Madura.

“Nilai-nilai Islam yang diwariskan oleh para pendahulu harus dijaga, Islam yang berada pada posisi tengah atau moderat," tukasnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan pelepasan balon oleh Menag RI Lukman Hakim Zaifuddin yang disaksikan oleh Rektor IAIN Maduran dan Forkopimda.

Reporter : Sohebullah
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Wartawan Surabaya Gelar Aksi Solidaritas Kekerasan Jurnalis di Jember
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda