UniqMag

Pj Bupati Pamekasan Lepas 885 Calon Jamaah Haji

berita terkini
Pj Bupati Pamekasan saat melepas Calon Jamaah Haji di Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan secara simbolis.

PAMEKASAN, (suaraindonesia.co.id)- Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan melepas 885 Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 1439 H/2018 M di Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan Madura Jawa Timur, Senin (09/07).

Pada kegiatan pelepasan calon jamaah haji tersebut dihadiri Pj Bupati, Kepala Kemenag Kabupaten Pamekasan, Kapolres, Dandim 0826, dan Ketua Takmir Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan, CJH, serta undangan lainnya.

Pj Bupati Pamekasan Fattah Jasin menyampaikan 3 hal yang harus dilakukan para calon jamaah.

“Pertama, para jamaah harus ikhlas, jadi kalau sudah ikhlas insyaAllah dalam rangkaian ibadah yang dimulai keberangkatan, saat beribadah dan sampai kepulangan dari tanah suci akan berjalan lancar," paparnya.

“Kedua, jamaah harus tetap tawakkal, kita harus memohon kepada Allah karena kesempurnaan itu hanya milik Allah. Jadi ketika mempunyai kenginan yang terlalu berlebihan untuk beribadah harus melihat situasi dan kondisi," tambahnya

“Ketiga, harus sabar, karena saat beribadah akan banyak cobaan. Jadi untuk jamaah haji harus sabar agar tidak merusak ibadahnya," imbuhnya.

Fattah menuturkan, pemerintah sudah berupaya untuk memaksimalkan pelayanan, dengan bukti satu kloter sudah ada beberapa penanggung jawab sebagai ketua kloter.

Pihaknya menambahkan, bahwa dalam satu rombongan ada 50 jamaah dengan dipimpin 1 orang  dan 1 regu pimpinan 1 orang.

“Ini harus menjadi satu kesatuan, karena kalo sudah bercerai berai itu akan menyulitkan meskipun ada tanda," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Pamekasan Moh. Sodiq berharap agar para jamaah nantinya bisa beribadah dengan nyaman dan aman tanpa ada rintangan.

“Pesan kami pada seluruh calon jamaah haji Pamekasan, hendaknya senantiasa selalu menjaga kesehatan, menjaga kekompakan dan juga taat pada aturan atau hukum serta mengikuti petunjuk dari pembimbing  insyaAllah dalam beribadah dilindungi Allah," tutur Sodiq.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Kemenag Kabupaten Pamekasan dari 885 CJH ada 3 orang meninggal dunia dan 1 hamil muda.

 
Reporter : Sohebullah
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Korem 161 Wira Sakti Gandeng YSPB Jakarta Bangun Ruang Kelas SDN Oematmuti Kupang
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda