UniqMag

Munir: Sangatta Utara Pilot Project Kota Bersih dan Hijau

berita terkini
Pengurua KNPI Kutim saat usai gelar konfrensi pers kepada awak media

KUTAI TIMUR, (Suaraindonesia.co.id) - Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kutai Timur (Kutim) Munir Perdana menuturkan, jika Kecamatan Sangatta Utara merupakan daerah yang pertama kali menjadi Project Kota bersih dan Hijau. Hal tersebut disampaikan saat konferensi pers Launching 1070 relawan pemuda peduli lingkungan di Salah satu rumah makan di daerah teluk lingga sangatta utara Kutim, Senin (9/7/2018).

Menurutnya DPD KNPI Kutim telah merekrut sebanyak 214 RT dan sekitar 1070 relawan di kawasan Sangatta Utara untuk mensukseskan program Pemuda Peduli Lingkungan yang merupakan buah pemikiran dari para pemuda anggota KNPI. Kedepannya tidak menutup kemungkinan KNPI juga melaunching relawan Pemuda Peduli Lingkungan di  semua kecamatan di Kutim dan dalam program ini memang diperlukan parisipasi semua pihak dalam mensukseskannya.

"Semakin banyak yang berpartisipasi semakin cepat pula terealisasikan apa yang kita inginkan. Sementara ini, kami fokuskan ke Sangatta Utara sebagai pilot project program ini," ucapnya.

Dia menambahkan, kedepannya juga akan dibentuk koperasi untuk menyalurkan hasil dari pengelolaan sampah yang dilakukan para relawan dan dengan pengelolaan yang tepat serta terpadu. Dia optimis program ini bisa mengurangi tingkat volume sampah sampai 30%, dan sekitar 70% sisanya bisa dikelola untuk dimanfaatkan baik untuk kompos ataupun kerajinan. Dia menuturkan bahwa KNPI telah berkoordinasi dengan Pihak KPC mengenai kompos yang dihasilkan kedepannya.

"KPC siap menampung kompos yang dihasilkan berapa besarpun yang dihasilkan oleh relawan jadi program yang kami gagas ini sudah terstruktur dengan rapi jadi kemungkinan keberhasilan dibandingkan program serupa yang pernah berjalan lebih besar," jelasnya. (Qiqi)

Reporter : Al Gazali
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Terkait Sengketa Lahan Garam, Ormas LPI Minta Polres Pamekasan untuk Menuntaskan
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda