UniqMag

BPTP Kaltim Sukseskan Tahun Perbenihan

berita terkini
Muhammad Amin (dua dari kiri) saat menyerahkan bibitkepada perwakilan petani

SAMARINDA (Suaraindonesia.co.id) - Sukseskan kegiatan perbenihan 2018, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kaltim menyerahkan bibit gratis kepada empat kelompok tani yang terdaftar sebagai Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) oleh Dinas Perkebunan Kalimantan Timur. Bibit tersebut langsung diserahkan secara simbolis oleh Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim  Dr Muhammad Amin kepada kelompok tani penerima  yang disaksikan  perwakilan Dinas Pertanian Kutai Kartanegara (Kukar), Dinas Pertanian Kota Balikpapan, dan Balai Penyuluhan Pertanian DesaTririp, Kecamatan Balikpapan Timur (Baltim). Senin (9/7/2018). 

 

Bibit yang didistribusikan tersebut sangat baik. Pasalanya, benih tersebut telah melalui proses seleksi dan sertifikasi mulai dari pohon induk, proses pembibitan dan sertifikasi benih dari UPTD Dinas Perkebunan Kaltim.

"Kami akan terus melakukan pendampingan kepada petani, bilamana ada permasalahan dalam pengembangannya. Petani juga dapat mengunjungi  BPTP Kaltim dengan belajar langsung di KP Samboja," jelas Muhammad Amin Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim. 

Tahun perbenihan ini kata Amin sapaan akrapnya, BPTP Kaltim memproduksi 17 ribu bibit Lada varietas malonan satu, 25 ribu bibit Kakao, 4 ribu Kelapa dalam dan 35  ribu durian. Yang mana akan di distibusikan hingga akhir tahun ini, jadi bagi para petani penerima bisa mengambilnya di KP Samboja. 

Pihaknya berharp, bibit tersebut dapat berkembang sehingga mampu meningkatan produksi serta produktivitas dari petani pengembang perkebunan khususnya di Bumi Etam. Bahkan selain dari bibit tanaman tahunan, BPTP Kaltim juga menyerahkan bibit tanaman sayur pekarangan kepada petani antara lain cabai rawit, cabai keriting, cabai besar, tomat dan terong. 

Yang mana kesemuanya itu dalam rangka untuk menciptakan kawasan rumah pangan lestari. 

"Semoga kedepan Kaltim bisa lebih mandiri. Benih yang sudah dibagikan kami harapkan petani bisa mengembangkan dengan baik jadi tidak sekedar menananam tapi juga bisa memiki pengetahuan karena produktigitas yang baik dimulai dari beni yang bersetifikat. Oleh karena itu kami harapkan sinergitas semua pihak melakukan pendampingqn agar para petani bisa mengbangkan produktivitasnya," harapnya.

Reporter : Muhammad
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya Tim PKK OKU Selatan Raih Penghargaan Presiden
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda