UniqMag

Ribuan Hektar Tanaman Padi Mati Diserang Wereng, Petani di Jember Merugi

berita terkini
Lahan pertanian padi yang diserang hama wereng batang coklat di Kabupaten Jember.

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) - Ribuan hektar lahan tanaman padi di Kabupaten Jember mengalami gagal panen.

Gagal panen dipicu oleh hama wereng batang coklat (WBC). Serangan WBC sangat merata di hampir seluruh wilayah Kabupatene Jember, membuat tanaman mati dalam waktu singkat.

Seperti yang dituturkan seorang petani warga Arjasa, Ahmad Halim. Menurut Halim lahan pertanian di kawasan Jember utara saat ini mayoritas mengalami gagal panen.

“ Hampir 60 persen lahan pertanian di Kecamatan Arjasa dan Pakusari telah gagal panen,”ungkap Ahmad Halim.

“Wereng batang coklat jika sudah menyerang lahan tanaman padi 100 persen lahan yang diserang akan mengering dan mati. Karena kering dan gagal panen akhirnya tanaman padi dibakar oleh petani,” lanjutnya.

Akibat gagal panen petani merugi biaya tanam hingga Rp 6 juta rupiah per hektar tanaman padi jika lahan milik sendiri. Kerugian akan semakin bertambah jika sawah sewa. Halim sendiri mengaku merugi hingga lebih dari Rp 24 juta.

“Ya kalau lahan saya tidak banyak kerugian saya ya berkisar diatas Rp 24 juta. Selain kerugian biaya tanam yang ikut terancam akibat gagal panen ini ketahanan pangan secara nasional, karena Jember salah satu lumbung padi nasional,”jelas Halim.

Menurut Halim, serangan wereng coklat sangat ganas dan berlangsung dalam waktu relatif singkat tanaman padi yang sudah siap panen pun akan mati.

“Lahan saya awalnya hanya sedikit yang terserang tapi tidak sampai tiga hari lahan saya semua mengering dan mati. Bahkan ada tanaman padi milik tetangga saya yang kurang beberapa hari akan dipanen terserang wereng tidak sampai satu minggu sudah kering dan bulirnya kempes atau kosong,”ungkapnya.

Untuk diketahui, wereng batang coklat menyerang batang padi. Serangan tersebut mengakibatkan tanaman langsung mengering dan mati.

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Peduli Warga Kurang Mampu PWI OKI Bantu Perlengkapan Sekolah
Berita Selanjutnya Cekcok Mulut Seorang Bapak Di Kisam Ilir OKU Selatan Tikam Anak Hingga Tewas.

Komentar Anda