UniqMag

Diskominfo Perstik Akan Menggelar Bimtek, Sebagai Penunjang Program Smart Regency

berita terkini
Muhammad Erlyan Noor Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kutai Timur

KUTAI TIMUR, (Suaraindonesia.co.id) -Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim),  melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian  dan Statistik (Diskominfo Perstik ), akan menggelar bimbingan teknis (Bimtek), kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, serta kepada perwakilan Kecamatan hingga Desa. Bimtek tersebut, rencananya digelar selama dua hari, pada 16 hingga 17 Juli nanti. 

Hal tersebut dilakukan, sebagai bentuk tindak lanjut dari MoU, terkait Gerakan Nasional Menuju 100 Smart Regency, antara Pemkab Kutim dan Kementerian Kominfo.

"Kita telah mendapatkan surat edaran, bahwa telah dimulainya Bimtek oleh Kementerian Kominfo. Bimtek tersebut dilakukan pada Kabupaten/Kota masing-masing. Untuk itu, Kutim telah mendapatkan giliran pada tanggal 16 dan 17 Juli mendatang, dengan biaya pelaksanaan dibebankan ke daerah," terang Muhammad Erlyan Noor Kadis Kominfo Perstik saat bertemu awak media, Rabu (11/7/2018).

Guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam menuju Smart Regency,
nantinya selain instansi pemerintah, bimtek tersebut juga akan melibatkan pihak swasta, seperti pihak Bank, perusahaan pertambangan maupun perkebunan serta pihak lainnya. 

Pelibatan berbagai pihak tersebut, menurut Erly untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran tentang Smart Regency kepada khalayak luas. Karena kedepan nanti, Smart Regency akan memuat berbagai informasi dari berbagai pihak yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

"Nantinya masyarakat dapat mengaksses berbagai informasi dan data didalamnya, hanya dengan menggunakan smart phone," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bimtek tersebut merupakan agenda dari Kementerian Kominfo, yang diwajibkan kepada seluruh kabupaten kota yang masuk dalam daftar gerakan menuju 100 Smart Regency. 

"Bimbingan tersebut nantinya akan diberikan langsung oleh perwakilan dari Kementerian Kominfo dan tenaga pembimbing dari Institut Teknologi Bandung (ITB)," Ujarnya.

Dengan adanya bimtek tersebut diharapkan para peserta akan mendapat pengetahuan mengenai Smart Regency, serta dapat turut andil dalam mewujudkan Kutai Timur menuju Smart Regency. (Kominfo Perstik/Advetorial)

Reporter : Muhammad
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Ribuan Hektar Tanaman Padi Mati Diserang Wereng, Petani di Jember Merugi
Berita Selanjutnya Mendagri Lantik Deputi BNPP Menjadi Penjabat Gubernur NTT

Komentar Anda