UniqMag

Awas! Beredar Pupuk Palsu di Jember

berita terkini
Kemasan pupuk yang diduga palsu sangat mirip dengan yang asli.

JEMBER, (suaraindonesia.co,id) – Menjelang musim tanam padi saat ini ditemukan peredaran pupuk palsu. Peredaran pupuk yang diduga palsu, terjadi di Kabupaten Jember. Peredaran pupuk palsu ini membuat petani resah.

Pupuk yang diduga palsu ini ditemukan oleh Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) Jember beredar dari sebuah kios pupuk di Kecamatan Panti.

Pupuk palsu tersebut dikemas sangat mirip dengan yang asli. Baik dari segi desain gambar di karung hingga model tulisan. Namun jika diteliti ada perbendaan mendasar yakni dari nama merek.Tidak hanya itu kandungan kimia yang berada di dalamnya tidak bisa dipertanggung jawabkan.

“Temuan pupuk palsu ini, meresahkan kalangan petani. Karena temuan sementara yang kami dapat dan telah kami teliti, pupuk jenis PHOSKA (yang asli PHONSKA) kandungan zat kimianya membahayakan bagi tanaman. Sehingga bisa merugikan bagi petani,” ujar Ketua HKTI Jember Jumantoro, kepada sejumlah media, kamis (12/7/2018).

Jumlah temuan pupuk palsu itu relatif banyak. Menurut Jumantoro pihaknya telah menemukan sekitar satu ton pupuk yang diduga palsu. Pupuk tersebut menggunakan merek PHOSKA yang mirip dengan pupuk buatan Petrokimia Gresik.

“Pupuk yang asli itu PHONSKA. Jika tidak teliti, jelas merugikan,” katanya.

Berdasarkan temuan tersebut HKTI Jember menghimbau para pedagang pemilik kios pupuk untuk tidak lagi menjual pupuk palsu tersebut.

“Kami (HKTI) tidak punya wewenang untuk menyita ataupun mengamankan pupuk palsu itu. Kami hanya menghimbau kepada kios yang bersangkutan untuk menghentikan peredaran pupuk yang tidak memiliki standarisasi itu”, pungkasnya.

 

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Mayat Mr X Tanpa Busana Ditemukan Mengapung di Sungai Menang
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda