UniqMag

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perbatasan, Pemkab Kutim dan Kukar Teken MoU Bersama

berita terkini
Bupati Kutim Ismunandar (Tiga kanan) dan Plt Bupati Kukar Edi Damansyah dalam kegiatan MoU dua kabupaten. (Ist)  

KUTAI TIMUR, (suaraindonesia.co.id) -Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, Selasa (17/7/2018), ngeluruk ke Kantor Bupati Kutai Timur (Kutim). Kedatangan orang nomor satu di Kukar tersebut untuk menemui Bupati Kutim Ismunandar terkait rencana kerjasama pembangunan di kawasan perbatasan antar kedua kabupaten dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum Of Standing (MoU).

Ditemui selepas kegiatan,  Edi Damansyah menerangkan jika Kutim dan Kukar merupakan dua kabupaten yang tidak bisa dipisahkan dari catatan sejarah. Sementara untuk perbatasan, ada wilayah Kutim dan Kukar yang berhubungan langsung. Seperti di Kukar, ada sejumlah desa di Kecamatan Muara Kaman yang berbatasan langsung dengan Desa Mulupan di Kecamatan Muara Bengkal, Kutim.

“Sebagian wilayah terpisahkan oleh sungai, namun secara emosional warga yang tinggal di wilayah ini tidak bisa dipisahkan.  Tentunya, sudah menjadi kewajiban bagi kedua Kepala Daerah untuk bersama-sama memikirkan bagaimana meningkatkan kesejahteraan warga yang hidup di wilayah perbatasan tersebut,” tegasnya.

Selanjutnya, ada 14 poin kerjasama yang telah dituangkan dalam MoU tersebut. Namun dari sekian poin kerjasama, yang dianggap mendesak adalah terkait peningkatan sarana dan fasilitas akses jalan. Tentunya, apa yang dirasakan dan diharapkan oleh masyarakat yang bermukim di wilayah utara Kutim tersebut sama dengan apa yang diidam-idamkan masyarakat Kukar di Kecamatan Muara Kaman dan sekitarnya, yakni adanya peningkatan kualitas jalan tembus antar kedua kabupaten. 

“Saat ini kondisi jalan penghubung kedua kabupaten tersebut rusak parah. Sementara masyarakat memimpikan akses jalan yang ada bisa diaspal, sehingga sama dengan jalan di Kota. Belum lagi kerjasama dalam upaya normalisasi sungai yang ada di wilayah tersebut dan kerjasama lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kutim Ismunandar mengaku, sefaham dan intinya sepakat dengan apa yang diinginkan Plt Bupati Kukar Edi Damansyah. Memang sudah menjadi tanggung jawab bersama antara kepala daerah untuk melakukan pembenahan dan perbaikan, khususnya pada daerah perbatasan kedua kabupaten. 

“Melalui kerjasama ini Pemkab Kutim siap mendukung dan bekerjasama dalam upaya pembangunan dan lainnya dengan Pemkab Kukar. Sehingga diharapkan melalui kerjasama yang terbangun, masyarakat di pedalaman Kutim dan Kukar juga bisa benar-benar merasakan manfaat dan kesejahteraan pembangunan, sebagaimana yang sudah dirasakan masyarakat yang bermukim di ibukota Kabupaten,” tutupnya. (hms13/Advetorial)

Reporter : Muhammad
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 Dapat Sambutan Dari Pemkab Kutim
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda