UniqMag

Pemuda Adat dan Bapeda OKU Selatan, Daftarkan Tari Batin Ranau sebagai Hak Kekayaan Intelektual

berita terkini
Tari Batin saat proses perekaman di Danau Ranau.

OKU SELATAN, (suaraindonesia.co.id)- Pemuda adat OKU Selatan yang juga Ketua Sanggar Foures Management Udo Fatin bersama Bapeda Oku Selatan mengawal proses pendaftaran Tari Batin Ranau sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Pendaftaran ini adalah program Kementrian hukum dan Ham Indonesia, untuk mendata karya asli yang ada di setiap daerah. 

Sebelum didaftarkan dilakukan peliputan dan perekaman tari dilaksanakan di pantai Banding agung dengan berlatar Danau Ranau dan Gunung Seminung.

Saat Di temui di kediaman nya Udo Fatien menjelaskan bahwa Tari batin merupakan tari yang sudah di tarikan sejak ratusan tahun lalu.

 "Akan tetapi saat ini Tari Batin sudah sangat jarang di temui di karenakan penari penari Batin sudah memasuki usia uzur,"

Sehingga sudah menjadi tugas pemuda lah untuk memastikan bahwa kebudayaan asli OKU Selatan harus terus melestarikan kebudayaan yang kita miliki jangan bangga dengan kebudayaan lain lalu kita menepiskan kebudayaan asli kita sendiri.

Kegiatan ini juga di dukung penuh oleh dewan adat dan masyarakat Ranau Kabupaten OKU Selatan. Bahkan di lain kesempatan dewan adat akan mengundang para pemuda adat untuk mempelajari lebih dalam tari batin Ranau agar benar benar di pahami dengn baik.Ujarnya.Rabu (18/07/2018)

Udo Fatin juga berharap tari Batin Ranau dapat di tarikan dalam acara - acara kebesaran OKU Selatan terkhusus nya yang di adakan di Danau Ranau seperti festival Danau Ranau dengan formasi lengkap agar kebudayaan asli OKU Selatan tidak hilang di makan masa.

Reporter : Sri Fitriyana
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Sekolah Dasar Cempaka Mas OKI, Mendapat Bantuan Ruang Kelas Baru
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda