UniqMag

Anak Indonesia Diharapkan Menjadi Agen Perubahan Untuk Lingkungan

berita terkini
Deputi bidang tumbuh kembang anak kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak gelar forum anak nasional 2018 di hotel singgahsana Surabaya 20/07/2018

SURABAYA, (suaraindonesia.co.id) - Menjelang Hari Anak Nasional Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak gelar forum anak nasional. Acara yang rutin digelar setiap tahunnya ini dibuka oleh Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Lenny Rosalin di kota Surabaya (20/07).

Forum anak nasional kali ini bertemakan Bakti Anak untuk Negeri. Pada acara tahun ini sangat berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya. Dimana, pada acara ini lebih mengedepankan partisipasi penuh anak-anak melalui pemberian informasi langsung tentang isu-isu pemenuhan hak dan perlindungan oleh berbagai kementrian atau lembaga organisasi, dan NGO.

"Sebagai pelopor, anak-anak diharapkan menjadi agen of change bagi lingkungan sekitarnya. Sementara sebagai pelapor, anak-anak diharapkan dapat aktif melaporkan masalah yang menimpa teman sebayanya," ujar Lenny.

Forum anak nasional 2018 ini menghadirkan 576 anak dari masing-masing daerah di setiap provinsi. Dari 576 anak ini dibagi menjadi 5 kelompok besar. Kelompok ini nantinya akan menyuarakan pendapatnya pada akhir acara yang diselenggarakan pada tanggal 23 Juli nanti.

"Suara anak yang dihasilkan kali ini nantinya akan diajukan kepada Presiden Joko widodo, seluruh mentri kabinet, gubernur, bupati, dan walikota untuk ditindak lanjuti untuk membuat program masing-masing," jelas Darmawan ketua pelaksana dan asisten deputi hak sipil anak dan tumbuh kembang anak.

Dengan adanya kegiatan kali ini panitia berharap dapat merangsang keterlibatan anak dalam pengambilan keputusan sesuai kebutuhan dan keinginan mereka. Seperti halnya Nehemia Benyamin Kogoya peserta dari provinsi Papua kabupaten Yahokimo yang banyak mendapatkan ilmu banyak saat mengikuti forum anak nasional.

"Suatu momentum bagi kami anak papua yang terlantar dan juga dikeraskan dengan berbagai hal yang tidak disenangi oleh anak-anak. Untuk kedepannya saya akan membagi ilmu yang saya dapat disini, dan membagikannya kepada teman-teman yang lain supaya kita bisa menyuarakan hati anak-anak," ujar benyamin. (aditama)

Reporter : Muhammad
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Tentara di Jakarta Barat Ajarkan Bahasa Inggris pada Siswa SMP
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda