UniqMag

Bahaya! Banyak Kapal Penumpang di Ende Tak Dilengkapi Jaket Keselamatan

berita terkini
Aktifitas di pelabuhan rakyat Bita Beach.

ENDE, (suaraindonesia.co.id)- Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, telah mengeluarkan perintah pengunaan life jacket untuk keselamatan penumpang ketika terjadi musibah di laut.

Namun perintah tersebut sepertinya tidak dipatuhi oleh jajaran Unit Pelaksana Teknis KSOP Kelas V Kabupaten Ende, Provinsi NTT. Mereka masih membiarkan kapal kapal penumpang tradisional berlayar antar pulau kecil di Kabupaten Ende tanpa mengunakan life jacket dan tanpa pengawasan sama sekali oleh pihak KSOP Ende.

Padahal saat ini cuaca extrim kerap terjadi. Salah satu kapal tradisional penumpang antar pulau kecil yang mengangkut kurang lebih 60 orang Penumpang,dengan Rute Kota Ende,menuju Nila Kecamatan Ndona Timur dengan lama jalur tempuh 1,5 jam terlihat tidak melengkapi armadanya dengan jaket keselamatan atau jaket pelampung untuk penumpang.

Salah seorang penumpang Bahrudin Ndoe , ketika ditemui di pelabuhan rakyat pantai Bita Beach, Sabtu siang (21/7) mengatakan, mereka sudah biasa mengunakan kapal tradisional ini dan tidak pernah ada arahan menggunakan life jacket. Sedangkan kapal tradisional yang ditumpanginya tidak dilengkapi life jacket.

” Jika ada life jacket itu malah akan lebih baik sehingga jika ada apa-apa dapat dievakuasi secara cepat dengan selamat apabila dalam pelayaran nantinya ada cuaca buruk tiba-tiba muncul,” katanya

 “Kita juga tahu saat ini cuaca sukar ditebak apalagi ini mengarungi lautan luas. Kami sangat apresiasi jika ada bantuan life jacket kepada semua kapal penumpang tradisional seperti ini,” pinta Bahrudin Ndoe.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis KSOP Kelas V Kabupaten Ende Jhon Ola , hingga berita ini ditulis tidak dapat ditemui untuk dikonfirmasi.

Menurut informasi Kepala KSOP Kabupaten Ende jarang ada di tempat, bahkan terkadang seminggu hanya sehari saja yang bersangkutan berada di kantor.

 

Reporter : Muhammad
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Bhayangkari Polres Jember Beri Santunan Keluarga ABK Joko Berek
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda