UniqMag

KPU Kubar TMS Kan 2 Bacaleg, Hasil Verifikasi Hanya 2 Persen Bacaleg Yang MS 

berita terkini
Hasil verifikasi KPU kembalikan berkas bacaleg yang diterima masing masing Parpol 

 KUTAI BARAT, (Suaraindonesia.co.id) - KPU Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, meminta kepada seluruh Parpol untuk melakukan perbaikan dan serta kelengkapan berkas peserta bacaleg dalam waktu dekat yang sudah ditentukan.

 

Ketua KPU Kubar, FX Irianto mengatakan, KPU tidak ada menolok berkas kelengkapan bacaleg yang telah mendaftar, namun pihaknya hanya mengembalikan berkas yang dinyakatan belum lengkap, atau belum memenuhi syarat secara atministrasi.

“Ada tiga istilah bahasa KPU yang harus diketahui. Kalau istliah (MS) itu sudah memenuhi syarat dan keapsahan berkasnya juga sudah, kalau (BMS) berkas ada tetapi belum syah, naah..? kalau TMS, itu sudah tidak memenuhi syarat, jangan dipaksa lagi untuk masuk ke berkas berikutnya,” ungkap Irianto dalam keterangan persnya, sore tadi pukul 16.00 Wita, Sabtu (21/7/2018).

Diterangkan dia, dari 13 parpol yang telah mendaftarkan peserta bacalegnya sebanyak 270 lebih peserta bacaleg yang tersebar di tiga Daerah Pemilihan Legislatif (Dapil) di 16 Kecamatan se-Kubar. “Namun dari keseluruhan peserta yang telah memenuhi syarat hanya 2 persen saja berkasnya yang sudah syah. Hal tersebut dihitung dari total keseluruhan peserta bacaleg yang mendaftar,” terangnya.

Irianto menyampaikan sesuai dengan tahapan pendaftaran Parpol dan peserta bacaleg yang diusung dapat memperbaiki berkas dan data tersebut terhitung dari 22-31 Juli mendatang. Sementara itu, setelah KPU menyatakan berkas masing-masing bacaleg lengkap, tahap selanjutnya bacaleg masuk dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) yang akan diumumkan setelah 1 Agustus 2018 mendatang.

“Maka itu, semua parpol diwajibkan melakukan perbaikan pada 22-31 Juli mendatang, kalau ingin tetap ikut di pemilu mendatang. Jika tidak, bacaleg terancam didepak dari kontestan peserta Pemilu 2019,” tukasnya.

Selain itu, Irianto membeberkan bahwa ada dua orang peserta bacaleg yang di TMS kan, namun parpol pengusung enggan disebutkan, karena kedua bacaleg tersebut dinyatakan tidak bisa mengikuti menjadi peserta pemilu 2019 mendatang.

”Harapan saya, teman teman Parpol dan bacaleg, dalam kerangka untuk mencukupi memenuhi syarat administratif maupun keapsahan, tolong ikuti panduan KPU yang sudah kita sebutkan tadi. Tidak usah mengada ngada dan tidak usah memperlebar masalah. Kalau yang diminta untuk perbaikan, silahkan parpol segera lakukan perbaikan berkas bacalegnya,” pungkasnya. 

Reporter : Nur A
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Ismu: Tahun Depan PRONA dan PTSL Berjalan di Sangatta Selatan
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda