UniqMag

Manfaatkan Barang Bekas, Mahasiswa Surabaya Cetak Rekor MURI

berita terkini
Proses penilaian pot daur ulang hasil karya mahasiswa Surabaya.

Surabaya, (suaraindonesia.co.id) - Surabaya sangat terkenal dengan banyaknya taman yang terdapat ditengah kota. Demi menjaga kelestarian alam ini tak hanya pihak pemerintah namun juga mahasiswa. Seperti halnya mahasiswa Stie Perbanas Surabaya yang menggelar acara mendaur ulang barang bekas untuk dijadikannya pot hias.

Pot hias ini dibuat menggunakan daur ulang dari panci bekas, sepatu booth, wakul, kaleng, gerabah, botol pelastik dan masih banyak lagi. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2017 yang tergabung dalam kegiatan super softskill mentoring (SSM). Kegiatan yang rutin digelar dalam satu tahun sekali ini diadakan pada Sabtu lalu (21/7).

Kegiatan ini diikuti 850 mahasiswa yang dibagi menjadi 40 group. Pemanfaatan barang bekas ini digagas oleh para mentor yang berasal dari mahasiswa angkatan 2016.

"Para mentor ini memberikan bimbingan kepada peserta hingga 14 - 16 kali pertemuan. Sehingga penyelenggaraan SSM ini bisa dikategorikan selama satu semester layaknya perkuliahan. Namun, disini mereka dilatih dan digali softskillnya agar nantinya ditemukan bakat yang bisa dikembangkan," ujar Putri Wulanditya selaku ketua pelaksana acara SSM.

Pot kreasi daur ulang ini dibuat hingga 1.500 macam. Tak hanya membuat namun, pot ini harus memenuhi kriteria yang di berikan. Kriteria tersebut yakni cinta lingkungan, efisiensi, kreatifitas, ketahanan, dan inovasi.

Tujuan pembuatan pot daur ulang ini untuk menginspirasi masyarakat agar senantiasa menjaga lingkungan dan mencintai alam. Pasalnya, kondisi alam yang terawat akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan manusia.

Kegiatan mahasiswa Stie Perbanas ini mendapat dukungan langsung dari the la tofi school of CSR. Pihaknya datang langsung untuk memberikan penghargaan atas rekor super softskill mentoring 2018 dari MURI dengan tema nature always show the true colors of your spirit.

Rencananya, hasil produk daur ulang pot ini akan dibagikan kepada SMA/SMK sederajat diwilayah kota Surabaya dan Sidoarjo.

"Kami berharap kreasi pot ini bisa menjadi souvenir dan menjadi cendramata untuk sekolah. Sehingga, saya bisa menularkan sikap cinta lingkungan sejak bangku sekolah," tutup Putri.(aditama)

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Kemensos RI akan Beri Santunan Keluarga Korban Joko Berek
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda