UniqMag

Jamur Berbau Harum Muncul di Atas Tanah Makam di Jember

berita terkini
Jamur yang tumbuh di atas tanah makam di Jember. (foto: Arik)

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)- Sebuah jamur tiba-tiba tumbuh di atas tanah sebuah makam keluarga di Dusun Mojan, Desa Bintoro, Kecamatan Patrang. Kemunculan jamur berwarna putih dan bermahkota atau berkanopi dengan diameter kurang lebih 1 meter ini mengejutkan warga.

Menurut Arik salah satu warga setempat mengatakan jamur tersebut tiba-tiba tumbuh diatas tanah makam nenek istrinya.    

“ Iya jamur itu tumbuh di makam nenek istri saya mas, namanya Mbah Aminah” kata Arik Senin (23/7).

Almarhum Aminah istri seorang veteran perang kemerdekaan yang meninggal 18 bulan lalu. Namun tiba-tiba sekitar 2 bulan lalu mulai tumbuh jamur tersebut ditengah tanah makam. Awalnya kecil hingga sekarang membesar hingga diameter mahkota jamur sampai lebih dari 1 meter dengan ketinggian kurang lebih 20 cm.

“Kira-kira dua bulan lalu muncul jamur ini mas. Awalnya sih kecil tapi lama-lama besar kayak sekarang ini,” jelas Arik.

Uniknya jamur ini mengeluarkan bau harum saat di cium. Keanehan yang lain menurut Arik, jamur tersebut susah dicabut meski telah ada warga yang berusaha mencabutnya.

“Anehnya mas jamur ini berbau harum dan sudah ada yang berusaha mencabut namun susah tidak bisa,”lanjut Arik.

Kemunculan jamur ini tak pelak banyak menjadi perhatian warga. Banyak warga sekitar yang penasaran kemudian mendatangi areal makam untuk melihat jamur unik ini.

Meski banyak warga datang namun hanya untuk melihat tidak ada yang melakukan ritual tertentu dan hanya sekedar melihat fenomena alam yang unik.

Jamur sendiri adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil. Jamur ini biasanya tumbuh di daerah lembab sehingga seringnya muncul di alam saat musim hujan. Jamur juga dapat tumbuh diatas media kayu, tanah, tumpukan daun atau jerami hingga tumpukan kotoran hewan.

Jenis jamur tertentu dapat dibudidaya  untuk dikonsumsi dan dibuat bahan baku obat seperti jamur merang, jamur shitake dan lain-lain, namun ada juga yang beracun dan membuat halusinasi jika dikonsumsi seperti mashrom yang tumbuh diatas tumpukan kotoran sapi.

 

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Meiti Bangga, Wakili Kaltim di Istana Merdeka
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda