UniqMag

Seludupkan 20 Kubik Kayu, HD Diamankan Reskrim Polres Kubar

berita terkini
Nampak Pelaku Penyeludupan Kayu Olahan HD, didampingi Satreskrim Polres Kubar di tumpukan 20 kubik kayu olahan yang berhasil di amankan di Mapolres Kubar

KUTAI BARAT, (suaraindonesia.co.id) - Satuan Reskrim Polres Kutai Barat (Kubar) Kaltim, melakukan penahanan terhadap satu orang tersangka yang melakukan aktivitas pengangkutan kayu jenis meranti campuran di Kecamatan Mook Manaar Bulatn.

 

Selain menahan tersangka, pihaknya juga menyita sebanyak 20 meter kubik kayu olahan jenis papan beserta alat angkut satu unit kapal kayu dengan nama Armada KM Lintas Mahakam pada (30/7/2018) lalu.

Kasat Reskrim Polres Kubar AKP Gede Bagus mengatakan, tersangka berinisial HD (44) asal warga Mook Manaar Bulatn itu, dijerat pasal 88 ayat (1) huruf a UU RI Nomor 18 tahun 2013, tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun. 

“Berdasarkan informasi yang kita dapatkan saat itu, bahwa ada sebuah kapal melakukan kegiatan memuat kayu olahan tampa disertai dokumen lengkap di pelabuhan Kampung Muara Jawaq, Kecamatan Mook Manaar Bulatn pada pukul 16.00 Wita, yang hendak menuju Kota Bangun Kutai Kartanegara (Kukar). Dengan cepat kami bergerak menuju lokasi, dan berhasil menggagalkan penyeludupan tersebut pukul 17.00 Wita,” ungkap Gede Bagus Selasa (24/7/2018).

Dari hasil pemeriksaan dan interogasi terhadap pelaku, mengakui sering kali membawa kayu-kayu tersebut yang dijual kembali kepada warga pemesan untuk kebutuhan bahan bangunan gedung sarang walet.” Pelaku mengakui sudah melakukan penyeludupan empat kali, dengan modus, kayu kayu ditumpuk di paling bawah kapal, dan diatasnya di timbun dengan barang dagangan pasar malam,” terangnya.

Kata dia, terungkapnya kasus ini merupakan kerja sama dan sinergitas yang telah terjalin baik antara masyarakat setempat.” Dalam kasus ini, penyidik reskrim polres Kubar akan melakukan lacak balak terhadap asal usul kayu tersebut. Kasus ini terus kita kembangkan sehingga dapat mengungkap pelaku lainnya yang diduga terlibat,” pungkasnya. 

Reporter : Nur A
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Utamakan Pajele, KTNA Kubar Ajak Petani Tingkatkan Kualitas ProduksiĀ 
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda