UniqMag

Polres Kutim Musnahkan 130 gram Sabu Hasil Tangkapan Satreskoba

berita terkini
Kapolres Kutim AKBP Teddy RistiPwan saat memimpin Pemusnahan narkoba

KUTAI TIMUR,(suaraindonesia.co.id)- Polres Kutai Timur (Kutim) kembali melakukan pemusnahan barang bukti narkotika hasil tangkapan Satnarkoba Polres Kutim selang kurun waktu Juni hingga Juli  2018 Kamis (26/07/2018).

Pemusnahan dilaksanakan di halaman Mapolres Kutim disaksikan langsung pihak Kejaksaan Negeri Kutim, Pengadilan Negeri Sangatta, Badan Narkotika Kabupaten (BNK), Dinas Kesehatan dan turut hadir Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang.

Proses pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu tersebut dilakukan dengan cara di lebur bersama air. Kemudian dibuang langsung ke dalam ember.

Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan hasil pengungkapan pengedar narkoba secara terpisah dengan jumlah barang bukti sebanyak 33 pocket sabu dengan berat total 130,84 gram.

"Untuk barang bukti yang dimusnahkan ialah hasil dari tangkapan empat tersangka berbeda. Diantaranya Sony, Reja, Jamal dan Detri. Mereka diamankan oleh pihak Satreskoba secara terpisah," kata Kapolres Kutim.

Lanjut dirinya menjelaskan, Keempat tersangka ini masih dalam proses penyidikan pihak Polres Kutim. Mereka akan dijerat dengan pasal 114 Ayat 2 junto pasal 111 ayat 2 undang undang narkotika nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman kurungan 5 hingga 20 tahun Penjara.

"Diawal hingga pertengahan tahun 2018 ini, periode bulan Januari hingga Juli kita telah memproses 63 laporan Kasus Narkotika dan mengamankan sebanyak 71 orang diantaranya 70 oknum berjenis kelamin laki-laki dan 1 orang Perempuan," Ujarnya.

Selain pengungkapan, pihaknya juga melakukan gerakan moral sebagai langkah bentuk pencegahan (Preventif) diantaranya program Zero Narkoba yang menyasar sekolah-Sekolah, Kampung Bebas Narkoba yang tersebar di semua kecamatan yang ada di Kutim.

"Harapan Kita Gerakan tersebut tidak hanya sekedar gerakan, namun dibutuhkan kesadaran dan kebersamaan semua elemen masyarakat untuk memberantas peredaran narkoba di Kutim," pungkasnya.

Reporter : Al Gazali
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Polisi Jember Cabut Jamur yang Tumbuh di Makam
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda