UniqMag

Ilegal, Ratusan Ribu Batang Rokok Tanpa Cukai Dimusnahkan

berita terkini
Ribuan batang rokok tak bercukai dimusnahkan Bea Cukai Sangatta, Kutai Timur, Kamis (26/7/2018)

KUTAI TIMUR, (suaraindonesia.co.id) - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Sangatta, Kutai Timur  (Kutim), berhasil memusnahkan kurangblebih 442. 940 batang rokok tanpa cukai alias rokok ilegal hasil penindakan Bea Cukai Sangatta, Kamis (26/07/2018).

Ratusan ribu tembakau dalan bentuk rokok tersebut merupakan barang hasil sita dari tujuh kecamatan yakni Bengalon, Kongbeng, Muara Wahau, Rantau Pulung, Sangatta Utara dan Selatan, serta Teluk Pandan.

Barang bukti rokok ilegal tersebut disita dari enam belas penindakan yang dilakukan pada tahun 2017 lalu. Penindakan tersebut dari jenis pelanggaran berupa penggunaan pita cukai bekas, pita cukai palsu dan pita cukai salah peruntukan. 

Menurut Kepala KPPBC Sangatta Hari Murdiyanto, rokok yang dimusnahkan adalah rokok illegal yang dipalsukan pita cukainya sampai dengan pemalsuan merek karena merugikan negara.

"Untuk nilai dari seluruh sitaan sebesar dua ratus tiga puluh juta Rupiah," ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kutai Timur,  Kasmidi Bulang yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan jika rokok tiruan itu tidak diketahui secara pasti komposisi yang terkandung di dalamnya, sehingga membahayakan yang mengkonsumsinya. Untuk itu dirinya mengapreasiasi penindakan yang dilakukan untuk memusnahkan barang tersebut.

"Pihak pemerintah daerah mendukung kegiatan ini, demi penegakan hukum dan pelayanan yang terbaik," pungkasnya.

Selain pemusnahan barang bukti rokok ilegal Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Sangatta Hari Murdiyanto juga dilakukan peninjauan proyek pembangunan gedung baru KPPBC TMP Sangatta yang bertempat di Jalan Pendidikan, Sangatta Utara.(Qiqi)

Reporter : Muhammad
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Kecilnya Lucu Setelah Besar Menakutkan, Warga Jember Serahkan Buaya Piaran ke BKSDA
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda