UniqMag

Malam Budaya Madura di Taneyan Lanjang, Upaya Melestarikan Pemukiman Khas Pamekasan

berita terkini
Kabid Pariwisata Disbudpar Kabupaten Pamekasan Khalifaturrahman saat berada di taneyan lanjang.

PAMEKASAN, (suaraindonesia.co.id)- Malam budaya Madura yang akan digelar Sabtu (28/07) malam sebagai salah satu upaya menggali peninggalan sejarah dimana Pamekasan punya icon pemukiman taneyan lanjang sebagai identitas daerah yang hampir punah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pamekasan melalui Kabid Pariwisata Khalifaturrahman, Kamis (26/07).

Dikatakan Mamang, bahwa acara tersebut digelar dalam rangka melestarikan pemukiman khas Pamekasan Madura di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan.

"Kibas (Komunitas Batik) Jawa Timur bersama Disparbud dan Kadin Pamekasan berupaya menghidupkan taneyan lanjang dengan aktivitas budaya, sehingga nantinya menjadi salah satu destinasi wisata edukasi semacam laboratorium budaya," jelas Mamang panggilan akrabnya.

Mamang melanjutkan, pada tanggal 28 Juli, Kibas Jatim akan membawa tamu sekitar 100 orang yang akan menikmati sajian budaya khas Pamekasan Madura.

"Kami akan mengajak para tamu untuk mengapresiasi seni budaya Pamekasan diantaranya tari topeng getta', kesenian hadrah, musik ul-daul, juga sajian kuliner khas Madura, yang disajikan secara live yang melibatkan masyarakat sekitar," terangnya.

Menurut Mamang, taneyan lanjang sebagai simbol peradaban Madura dengan konsep pemukiman yang penuh dengan nilai religius, nilai kekerabatan, nilai sosial yang sangat tinggi, sehingga harus dipertahankan.

"Diharapkan, kawasan tersebut bisa mendapatkan perlindungan dari pemerintah daerah agar tetap dipertahankan sebagai cagar budaya atau laboratorium budaya daerah. Ini yang akan kita dorong agar pemerintah daerah dapat membuat regulasi, sehingga kawasan taneyan lanjang dapat dijaga kelestariannya," pungkasnya.

Reporter : Irma Kirana
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya TNI Amankan Pria yang Diduga Pembakar Lahan Kaveling di Pontianak
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda