UniqMag

Ditinggal Istrinya, Pria di Jember Sulap Bebatuan Menjadi Karya Seni Indah

berita terkini
Joko saat beraksi memahat tanah bebatuan yang ada di pekarangan rumahnya.(foto: Istimewa)

JEMBER, (suaraindonesia.co.i) – Beberapa hari ini warga di Jember khususnya di Dusun Krajan Utara, Desa Gadingrejo, Kecamatan Umbulsari,  Kabupaten Jember dihebohkan aksi seorang pria bernama Joko (40) yang berhasil menyulap dinding tanah bebatuan di halaman rumahnya menjadi karya seni patung yang menarik untuk dilihat. Bebatuan tersebut dipahat dengan tangan Joko sehingga membentuk ukiran wajah bermahkota.

Sebelumnya warga menduga ukiran berukuran besar di batuan tersebut adalah peninggalan masa lampau karena sangat halus dan mirip dengan arca dan ukiran di candi-candi. Namun betapa terkejutnya warga ketika tahu jika batu berukir tersebut adalah karya Joko.

Joko sendiri selama ini  diketahui warga berprilaku aneh sejak rumah tangganya kandas karena beberapa bulan sebelumnya istrinya kabur meninggalkan rumah. Warga menduga Joko yang setiap harinya tinggal dengan orang tuannya tersebut mengalami depresi.

Seperti yang dituturkan bibinya bernama Susilo Wardaini. "Tiba-tiba mas, gak ada angin,  gak ada apa tiba tiba Joko terlihat aneh,  bikin sebuah pahatan semacam arca di pekarangan buah naga di belakang rumahnya, itu terjadi sekitar sesudah lebaran, “ terang Susilo Wardani.

Ukiran bebatuan karya Joko sendiri terbilang sangat menarik untuk dilihat. Banyak warga datang hanya untuk sekedar berswafoto dilokasi dan kemudian diunggah di media sosial.

“Warga sekitar kemudian tau dan langsung upload ke facebook jadinya viral," lanjut Susilo Wardani.

Ketika ditemui belakang pekarangan rumahnya, Joko tampak serius mengerjakan pahatan yang dibuatnya. Ia memahat sebuah tanah yang ia sulap menjadi sebuah pahatan yang berbentuk mirip seperti arca, wajah arca tersebut mirip seorang perempuan dan laki-laki. Tidak hanya arca, Joko juga membuat pahatan seperti bentuk binatang. 

Saat ditanya aktifitas apa yang dilakukannya Joko hanya menjawab singkat. "Bikin patung," ucap Joko sambil memahat.

Aktifitas memahat yang dilakukan Joko dilakukan setiap hari dari pagi hingga sore hari.

 "Ya tiap pagi sejak bangun tidur sampai sore ya di pekarangan terus, anaknya memang jadi pendiam sejak ditinggal istri," jelas Susilo Wardani.

Joko sendiri menurut Susilo memang punya bakat dalam bidang seni,  sebelumnya Joko pernah bekerja sebagai kuli bangunan di Bali.

"Punya bakat memang kayak gitu,  dulunya dia kuli bangunan di Bali," tambahnya.

Salah satu warga dari Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari bernama Hasyim awalnya penasaran dengan postingan temannya di media sosial. Karena penasaran dirinya kemudian langsung datang ke lokasi tempat Joko berkarya.

"Taunya dari postingan temen saya, saya gak percaya akhirnya saya kesini bagus ternyata,  saya kaget kok bisa padahal hanya bermodal tangan, air dan sedikit semen, mirip sekali sama arca di candi-candi," ujar Hasyim dengan takjub.

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Motor Bertabrakan dengan Truk TNI, Guru di Jember Meninggal
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda