UniqMag

Jadi Warga Kehormatan Dayak, Ini Arti Gelar Adat Jaksa Agung

berita terkini
Proses pemberian gelar adat Dayak kepada Jaksa Agung di Istana Isen Mulang Palangka Raya

PALANGKARAYA, (Suaraindonesia.co.id)- Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah (Kalteng), meresmikan Jaksa Agung RI, M. Prasetyo menjadi warga kehormatan dayak Kalteng, Sabtu (4/8/2018) malam.

Ini setelah Prasetyo dianugerahi gelar adat dayak. Pemberian gelar kehormatan yang disematkan Ketua Umum DAD, Agustiar Sabran di Istana Isen Mulang (IIM) Palangka Raya adalah Mantir Hai Panambahan Antang Damang Rangkang Duhung Pasahai.

Artinya adalah warga kehormatan masyarakat Adat dayak, orang yang arif bijaksana dan dipandang mampu membela kebenaran dan keadilan dengan menjunjung tinggi supremasi hukum.

"Hukum harus jadi panglima dan harus ditegakkan walaupun langit runtuh," kata Agustiar Sabran.

Penganugerahan ini didasarkan surat keputusan damang Kepala Adat se-Kalteng. Agustiar mengatakan, pemberian gelar merupakan bentuk kehormatan dan kepercayaaan masyarakat sebagai dukungan moral pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Kejaksaan Agung dalam rangka harmonisasi hukum positif dan hukum adat di Kalteng.

"Beliau saat ini sudah menjadi bagian keluarga besar masyarakat adat yang berfilosofi huma betang dan belum bahadat," tandasnya. (BN)

 

Reporter : Nur A
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Ini Pekerjaan Terduga Teroris di Jember
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda