UniqMag

Droping Air Bersih ke Daerah Kekeringan, Pemkab Pamekasan Kerahkan 13 Tangki di Hari Pertama

berita terkini
Pj Bupati Pamekasan Fattah Jasin saat melepas rombongan 13 tangki air bersih ke daerah kekeringan.

PAMEKASAN, (suaraindonesia.co.id)- Pemerintah Kabupaten Pamekasan mulai melakukan droping air bersih terhadap sejumlah wilayah di Kabupaten Pamekasan yang saat ini mulai mengalami kekeringan, Senin (06/08).

Pada hari pertama pendropingan Pemkab langsung melakukan pengiriman 13 tangki ke daerah terdampak kekeringan.

Pj Bupati Pamekasan Fattah Jasin mengatakan, penyaluran air terhadap wilayah yang mengalami  kekeringan itu sudah dilakukan bertahun-tahun.

“Kita tiap tahun memang menganggarkan untuk program kekeringan disaat musim kemarau, setelah BPBD memetakan wilayah yang memang sangat membutuhkan,” tuturnya.

Dilanjutkannya, dalam tanggap darurat tahun ini, Pemkab Pamekasan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,5 milliar.

“Namun jika masih dibutuhkan oleh masyarakat, tidak menutup kemungkinan terdapat tambahan anggaran," ujarnya.

Sedangkan bagi daerah yang memang membutuhkan air bersih, Pj Bupati menghimbau untuk langsung melayangkan surat yang ditujukan kepada Bupati sesuai dengan prosedur yang ada.

"Tentunya nanti kita akan tinjau terlebih dahulu layak tidaknya daerah tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Pamekasan Akmalul Firdaus mengatakan, daerah yang terdampak kekeringan ada 310 dusun di 78 desa yang tersebar di 10 kecamatan.

10 Kecamatan tersebut yaitu Tlanakan,  Proppo, Pademawu,  Palengaan, Pegantenan, Larangan,  Kadur, Waru, Batumarmar dan Kecamatan Pasean.

“Pelaksanaan hari ini, tentunya kita laksanakan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) tanggap darurat kekeringan selama 2 bulan, dan tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang sesuai dengan kondisi musim yang berlaku tahun ini. Dan jika kemarau masih panjang kami akan memperpanjang SK tanggap daruratnya,” katanya.

Untuk diketahui, Pj Bupati Pamekasan Fattah Jassin melepas rombongan 13 tangki air bersih sesudah pelaksanaan apel pagi awal bulan di halaman kantor Pemda Jalan Kabupaten Pamekasan.

 
Reporter : Sohebullah
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Ratusan Warga Desa Datangi Kejari OKU Selatan
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda