UniqMag

TRC BPBD Jember Berangkat ke Lombok Bantu Korban Gempa

berita terkini
Tim TRC BPBD Jember saat terjun ke lokasi bencana di Jember

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) – Sebanyak empat orang personel Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jember diminta BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk bergabung dengan 20 orang BPBD dari daerah lain, untuk dikirim ke lokasi terdampak gempa bumi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mereka akan bergabung dengan tim BPBD Provinsi Jatim, untuk memberikan bantuan berupa tenaga dan melakukan misi kemanusiaan membantu korban gempa. Meski telah siap untuk terjun membantu masyarakat korban gempa di Lombok, ke empat anggota TRC BPBD Jember belum bisa berangkat karena masih menunggu izin dari Bupati Jember Faida.

“Sebagai bentuk aksi kemanusiaan, kami akan menerjunkan bantuan dengan mengirimkan beberapa personel ke Lombok,” kata Heru Widagdo, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Jember, Selasa (7/8).

Heru menjelaskan, persiapan pengiriman personel itu, sesuai dengan perintah dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk mengirimkan bantuan berupa tenaga.

“BNPB meminta empat personil Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD Kabupaten Jember.” sambungnya.

Nantinya, kata Heru, anggota TRC tersebut akan membantu proses pemulihan kondisi di Lombok, seperti pembersihan puing-puing pasca gempa.“Terutama assesment terhadap kebutuhan dasar yang dibutuhkan para korban gempa.” katanya.

Perlu diketahui, total personel yang diterjunkan dari wilayah Jawa Timur melalui BNPB, nantinya ada sekitar 20 personel yang akan dikirimkan. Kemudian untuk Kabupaten Jember, diminta 4 orang personel TRC BPBD yang dikirimkan. Namun, kata Heru, terkait pengiriman personel tersebut, pihaknya masih menunggu izin bupati.

“Ini kami masih akan menunggu persetujuan Bupati Jember terlebih dahulu sebelum diberangkatkan.” tandasnya.

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Mancing, Warga Bontang Terombang Ambing di Lautan
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda