UniqMag

Indra Ni Tua: Pariwisata Motor Penggerak Kesejahteraan Masyarakat

berita terkini
Asisten Deputi Bidang Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Kemenpar RI, Indra Ni Tua.

SLEMAN ( suaraindonesia.co.id)-Ditetapkannya kepariwisataan sebagai leading sector diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan di satu sisi dunia pariwisata akan dapat mewujudkan masyarakat yang bahagia. Begitu pula dengan turis yang berkunjung ke suatu destinasi juga akan merasakan hal yang sama, yakni merasa bahagia. Oleh karena itu pembangunan wisata berkelanjutan harus bisa berjalan dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan Asisten Deputi Bidang Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Kemenpar RI, Indra Ni Tua di sela-sela dialog regional MIKTA partnership, yang digelar Kementerian Pariwisata RI bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri,di salah satu hotel di Sleman, Rabu (8/8).

Anggota MIKTA sendiri terdiri atas lima negara, yakno Mexico, Indonesia, Korea, Turki dan Australia. Dimana ke lima negara ini memiliki kesamaan, di antaranya di bidang ekonomi maupun pengembangan kepariwisataan.

Lebih jauh Indra Ni Tua menambahkan dunia pariwisata menjadi salah satu motor penggerak kesejahteraan masyarakat. Dan pemerintah Indonesia telah membuat program tourism sustaibable yang mana program ini diharapkan dijalankan hingga pemerintah daerah.

"Pertemuan regional MIKTA ini menjadi salah satu momentum penting untuk kita saling belajar atau sharing, bagaimana di masing-masing negara dalam mengembangkan kepariwisataannya" imbuhnya.

Turki dan Mexico, sambung Indra, merupakan negara berhasil mendatangi wisatawan dengan bagus. Sementara Korea serta Australia juga di kepariwisataan melalui wisata kreatifitas. Dan Yogyakarta juga memiliki kreatifitas yang tinggi hal ini harus dikembangkan. Karena adanya kreatifitas dalam mempromosikan sebuah destinasi akan menarik dan mendatangkan buyers. Mengingat kreatifitas ini tidak batasnya.

"Viralnya sebuah destinasi juga tidak terlepas dari kreatifitas pelaku wisata dalam mempromosikan produk wisata. Di mana hal ini banyak dilakukan sekelompok komunitas yang tergabung dalam generasi muda pesona Indonesia ( Genpi ) yang aktif menguplaode destinasi wisata di medsos" jelas Indra.

Sementara itu Direktur Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup Kemenlu RI, Muhsin Syihab mengungkapkan dengan pertemuan ini diharapkan akan menghasilkan kerjasama ekonomi yang lebih konkrit, guna mewujudkan tiga isu pilar utama ekonomi. Salah satu isu tersebut menyangkut tourisme networking.

"Dengan ada jaringan dan kerjasama yang kuat nantinya akan lebih efektif dan menghasilkan nilai yang maksimal. Oleh sebab itu dalam pertemuan ini diharapkan saling memperkuat antar anggota MIKTA" terangnya.

Reporter : Lanjar Artama
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Imunisasi MR di Kabupaten OKI Ditunda, Ini Alasannya
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda