UniqMag

KPU Jember Rampungkan Verifikasi Berkas Bacaleg

berita terkini
Salah satu pengurus partai yang mendaftarkan bacalegnya di KPU Jember.

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) – Proses verifikasi berkas 689 bakal calon legislatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember telah rampung. Rampungnya perbaikan berkas ini disampaikan oleh Komisioner KPU Jember Muhammad Syai'in.

“Untuk saat ini proses penyampaian hasil perbaikan kemarin dari partai politik, tanggal 8 sampai 12 Agustus 2018. Untuk data yang kemarin itu sekitar 689 bacaleg kurang lebih,” ujar Muhammad Syai’in  kepada sejumlah wartawan, Rabu (8/8).

Setelah tahapan penetapan DCS itu, kata Syai’in, Nantinya ada ketentuan lanjutan sesuai aturan, ada 3 kategori klarifikasi yang akan dilakukan KPU Jember. “Yakni uji publik untuk meminta pendapat masyarakat terkait bacaleg yang lolos tersebut,” katanya.

“Uji publik ini dilakukan untuk memastikan keabsahan syarat-syarat pencalegan yang dilampirkan seluruh bacaleg,” sambungnya. Terkait pergantian bacaleg, nantinya apabila ada yang meninggal dunia, atau mengundurkan diri.

Meski DCS telah ditetapkan, partai politik  masih memiliki kesempatan untuk merubah atau mengganti bacalegnya dengan orang lain yang sebelumnya tidak masuk dalam DCS.

“Tetapi dengan syarat tertentu. Tidak bisa tiba-tiba diganti,” tegas Hanafi Komisioner KPU Divisi Sumberdaya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, beberapa waktu lalu.

Hanafi memberi contoh yang dimaksud dengan syarat tertentu. Misalnya ada bacaleg yang berhalangan tetap tidak bisa maju dalam kontestasi pileg mendatang, maka partai bisa mengganti. “Misalnya karena bacaleg meninggal atau alasan yang memang bisa diterima oleh penyelenggara,” imbuhnya.

Termasuk alasan tertentu yang memang tidak sesuai dengan syarat undang-undang untuk bisa melanjutkan menjadi peserta pemilu. Misalnya ada bacaleg perempuan yang mengundurkan diri pasca penetapan DCS, masih bisa digantikan orang lain. “Syaratnya, kuota perempuan partai ini kurang dari 30 persen,” tegas Hanafi.

Pasalnya, jika yang mengundurkan diri adalah laki-laki, maka biasanya sulit untuk diganti orang lain kecuali memang meninggal dunia. Oleh karena itu, pihaknya berharap jika partai politik memang menempatkan kader-kader yang memang benar-benar pas. Sehingga bisa meraih hati masyarakat saat pileg mendatang.

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Kabupaten OKI Raih Dua Penghargaan.
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda