UniqMag

Jember Tak Hanya JFC, DWJ Inisiasi Free City Tour

berita terkini
Peserta Free City Tour saat berada di Puslit Kopi dan Kakao, disana wisatawan dapat mengetahui proses pembuatan produk olahan coklat dari bahan baku hingga siap dikonsumsi.

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)- Kota Jember selama ini dikenal dengan gelaran tahunan Jember Fashion Carnaval (JFC) yang saat ini telah berlangsung 17 kali. Padahal ada 83 potensi wisata yang layak untuk dikunjungi.

Untuk mengenalkan potensi wisata yang ada, komunitas Destinasi Wisata Jember (DWJ) meninisiasi  Free City Tour bagi wisatawan yang datang ke Kabupaten Jember selama gelaran JFC berlangsung.

Para pegiat wisata ini kemudian menggandeng Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Insan Pariwisata Jember (IPJ).

“Tidak hanya gelaran JFC yang ramai dan terkenal di Jember, tetapi ada 83 destinasi wisata yang cukup banyak untuk dikenalkan kepada khalayal umum,” ujar anggota DWJ Elistyani, Kamis (9/8).

“Kegiatan Free City Tour ini swadaya dari anggota DWJ sendiri dan tanpa ada dukungan dari Pemkab Jember,” lanjutnya.

Munculnya gagasan Free City Tour, kata pemilik Warung Kembang ini, dari bentuk keprihatinan para anggota destinasi wisata di Jember yang hanya ramai dan terkenal dengan potensi wisata JFC saja, setiap tahunnya.

“Kita (Jember) memiliki 83 wisata potensial di Jember, dan harusnya bisa sangat dikenal oleh wisatawan domestik ataupun internasional. Sehingga di momen JFC ini, kita tawarkan kepada para wisatawan yang menginap di hotel untuk melihat JFC, sebelumnya kita ajak untuk berkeliling ke lokasi wisata yang ada untuk lebih dikenal,” ungkap Elistyani.

“Sehingga selama tiga hari mulai hari ini, dari tanggal 9, 10, 11 Agustus ini  Free City Tour ini kita lakukan untuk mengenalkan potensi wisata yang ada ini,” sambungnya.

Tur wisata ini menurut Elis adalah bentuk penghargaan bagi para tamu dan wisatawan yang datang ke Jember.

Menariknya FCT ini gratis. Wisatawan atau tamu hotel hanya berkewajiban berswafoto di destinasi wisata yang dikunjungi kemudian diunggah ke media sosial masing-masing.

“Kegiatan berkeliling wisata dan jalan-jalan ini kita gratiskan, bayarannya para wisatawan yang ikut tur ini cukup memviralkan ke khalayak umum lewat medsos untuk berselfie (swafoto) dengan memasang tagar ‘#JemberMakinRame di medsos masing-masing. Promosi ini kami harapkan semakin meramaikan Jember,” terangnya.

Elistyani  menyampaikan untuk wisatawan atau tamu hotel yang ingin mengikuti tur dengan bis milik Sevendream grup ini, dapat melakukan reservasi ke resepsionis di hotel tempatnya menginap.

Setelah reservasi para wisatawan akan diajak berkeliling menuju sejumlah lokasi wisata diseputar kota Jember seperti di Taman Botani Sukorambi, mengunjungi Puslit Kopi dan Kakao kebun Renteng dan berbagai destinasi wisata lainnya.

“Bisa konfirmasi ke resepsionis jika ingin ikut tur ini, dan berangkat dari 3 titik penjemputan yakni di hotel Aston, hotel Royal serta di Rien Colection berangkat pukul 8 pagi sampai pukul 11 siang. Para tamu dan wisatawan kemudian akan dibawa berkeliling ke beberapa destinasi sebelum diantar ke venue yang ada di alun-alun untuk menonton gelaran JFC,” terangnya.

Free City Tour ini rencananya akan secara reguler dilakukan. Harapannya para wisatawan akan berlama-lama untuk berwisata di kota Jember.

"Free City Tour ini akan kita lakukan secara reguler, kedepannya akan kita atur bagaimana cara menjualnya kepada para wisatawan," pungkas Elistyani.

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Puluhan Polisi Bubarkan Bentrok Opang dan Ojol di Jember
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda