UniqMag

Delegasi MIKTA Kagumi Desa Wisata Petingsari Sleman

berita terkini
Delegasi MIKTA saat belajar membuat wayang suket.

SLEMAN, ( suaraindonesia.co.id)-Desa wisata Petingsari Umbulharjo Cangkringan Sleman yang merupakan salah satu dari dua puluh destinasi wisata yang dikembangkan dengan konsep sustanaible tourisme mengundang decak kagum delegasi MIKTA ( Mexico, Indonesia, Korea, Turkey dan Australia).

Dalam kunjungan lapangannya, Kamis (9/8), delegasi MIKTA menyatakan kekaguman dengan peran masyarakat dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan ini. Sehingga seni dan budaya serta lingkungan alamnya terus terjaga dengan baik. Selain itu mereka juga memberikan apresiasinya kepada masyarakat Petingsari dalam mengelola desa wisata ini sehingga ada peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar Desa Wisata Petingsari.

Desa wisata Petingsari yang memiliki luas sekitar 1.003 hektar, dengan menawarkan seni budaya, sumber alam dan lingkungan, dalam setahun pemasukannya bisa mencapai Rp 20 miliar.

Dan selama kunjungannya di Desa Wisata Petingsari dikenalkan dengan budaya lokal Petingsari. Di samping itu mereka juga belajar membatik, memainkan gamelan hingga belajar membuat wayang suket.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pariwisata Berkelanjutan Kemenpar RI, Valerina Daniel mengatakan desa wisata Petingsari ini merupakan salah satu destinasi yang dikelola dengan konsep STO ( sustanaible tourisme obserfatory). Yakni program dimotori Kemenpar RI yang bekerjasama dengan Perguruan Tinggi ( PT ). 

"Di.dunia yang ada 20 destinasi menerapkan konsep ini, lima di antaranya ada di Indonesia. Ke lima daerah tersebut yaitu Petingsari Sleman, Pangandaran Jawa Barat, Sanur Bali, Pangguluran, dan di daerah Mandalika" terang Varelina.

Lebih jauh Valerina menjelaskan dipilihnya Petingsari yakni guna menunjukan kepada delegasi MIKTA bahwa Indonesia sudah menerapkan pariwisata berkelanjutan ini. Sehingga kita bisa berbagi pengalaman dan menjadikan pariwisata berkelanjutan ini sebagai satu kepentingan bersama. Hingga pada akhirnya kita bisa membangun jaringan kerjasama yang lebih luas.

Reporter : Lanjar Artama
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Lupa Matikan Api Tungku, Rumah Pedagang Mainan Terbakar
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda