UniqMag

Disdukcapil Kutim Sudah Terapkan KK Versi 7.0

berita terkini
Kepala Disdukcapil Januar Harlian Putra Lembang Alam

KUTAI TIMUR, (Suaraindonesia.co.id) – Format Kartu Keluarga (KK) tahun ini mengalami perubahan, ada dua kolom baru yang ditambahkan, yakni kolom golongan darah dan nomor surat  nikah atau perkawinan . Dengan demikian, kolom di KK saat ini menjadi 16.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Januar Harlian Putra Lembang Alam mengatakan, penambahan dua kolom tersebut merupakan instruksi dari Kemendagri.

“Hal itu tertuang dalam Permendagri nomor 118 tahun 2017 tentang blangko KK, register, dan kutipan akta pencatatan sipil,” ungkap Januar.

Januar menambahkan, format KK baru (versi 7.0) di Kutim telah diterapkan sejak 30 Juli yang lalu. menurutnya, nomor surat nikah atau perkawinan berguna untuk menjelaskan status pernikahan masyarakat.

Selain itu, kolom tersebut juga berguna untuk mengetahui status pernikahan, apakah menikah secara hukum negara atau sah secara agama.

“Sejak 30 Juli kita sudah terapkan KK versi 7.0, berguna untuk mengetahui golongan darah seseorang, dan status pernikahan masyakat. Jika suatu saat ada keluarga yang sedang sakit membutuhkan donor darah, bisa dilihat dalam KK,” tutur Januar.

Namun, Ia mengakui KK fersi lama masih tetap berlaku. Namun apabila sedang mengurus berkas lainnya, ada baik sekaligus merubah KK dengan fersi yang baru.(hms).

Reporter : Nur A
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Tim Opsnal Satreskrim Polres Kubar Ringkus Spesialis Pencuri Disiang Bolong
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda