SUARA INDONESIA

Lomba Keagamaan dan POR SD se-Jombang Bakal Digelar, ini Penjelasan Kadisdikbud

Gono Dwi Santoso - 30 August 2023 | 20:08 - Dibaca 1.19k kali
Advertorial Lomba Keagamaan dan POR SD se-Jombang Bakal Digelar, ini Penjelasan Kadisdikbud
Kadisdikbud Jombang Senen bertemu sejumlah atlet SD (Foto : Gono/Suaraindonesia.co.id)

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang akan menggelar dua agenda besar di bulan September 2023 mendatang. Kedua agenda ini berupa perlombaan keagamaan dan POR SD untuk siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Jombang. 

"Melalui lomba keagamaan ini, kita ingin melihat potensi anak-anak di jenjang SD Negeri, mulai dari perlombaan ada Al-Banjari, Pildacil, MTQ dan baca kitab maupun lainnya," kata Kepala Disdikbud Jombang Senen kepada suaraindonesia.co.id, Rabu (30/08/2023).

"Disisi lain, kami juga ingin anak-anak bukan hanya pandai di tingkat akademik saja, tapi kita juga ingin mengangkat prestasi di non akademik baik itu dari sisi olahraganya maupun di sisi akhlaknya, talenta-talentanya yang mungkin di non akademiknya lebih bagus dibandingkan akademik," sambungnya. 

Diketahui, perlombaan keagamaan bertajuk 'Maulid dan Hari Santri' tersebut bakal digelar di halaman beserta Masjid kantor Disdikbud Jombang. Nantinya para siswa-siswi SD dari jenjang SD mewakili setiap masing-masing Kecamatan di wilayah Jombang. 

"Dengan melibatkan perwakilan siswa di 21 Kecamatan ini, kita bisa melihat potensi siswa dalam bidang non akademik dari keagamaannya," ujar Senen. 

"Jadi setiap satu Kecamatan punya siswa yang andil dalam perlombaan keagamaan itu, baik itu pintar di lomba Pildacil maupun baca kitab beserta MTQ," imbuhnya.

Disamping lomba keagamaan, ada juga Pekan Olahraga SD (POR SD) yang rencananya akan digelar pada Minggu kedua bulan September 2023 di GOR Merdeka Jombang. 

"Jadi untuk sasaran peserta pelajar yang berkompetensi ini akan diambil satu anak di satu Kecamatan. Pastinya akan ada proses seleksi dulu ditingkat Kecamatan dan dipilih yang terbaik," ungkapnya.

Adapun cabang olahraga yang dilombakan pada POR SD ini diantaranya sepak takraw, atletik, bola voli, serta catur dan renang. 

"Di POR SD ini kami ingin menjaring bibit-bibit unggul atlet muda baru untuk membanggakan ke kancah prestasi di kota santri dari semua kompetisi," jelas Senen. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV