SUARA INDONESIA

Beli Polis Asuransi Zurich Autocillin? Jangan Lupa Bayarkan Preminya

Tim - 02 June 2022 | 08:06
Artikel Beli Polis Asuransi Zurich Autocillin? Jangan Lupa Bayarkan Preminya

SURABAYA- Mobil merupakan salah satu aset yang perlu dijaga dengan baik karena sangat membantu mobilitas di setiap harinya. 

Sebagai pengendara mobil, tentunya Anda perlu waspada dengan berbagai risiko tidak terduga yang terjadi saat berkendara. Karena itu, Anda perlu mendaftar asuransi mobil dan memilih produk proteksi yang sesuai.

Salah satu asuransi terbaik adalah Zurich Autocillin. Setelah membeli polis asuransi satu ini, tentu saja Anda harus membayar premi Surich Autocillin di setiap bulannya sesuai dengan kesepakatan.

Nah, saat Anda telah menjalani pembayaran premi di setiap bulannya, namun ingin melakukan cuti dulu untuk beberapa waktu. Hal itu bisa dilaku

Selain cuti, Anda juga bisa mengajukan  premi asuransi, cuti premi, refund premi atau pengembalian premi. 

Hal ini dilakukan saat pemegang polis mengundurkan diri dari kepesertaan asuransi sebelum masa pertanggungan berakhir. Namun tetap saja ada ketentuan yang mengatur pembatalan premi tersebut.

Jaminan Asuransi Mobil Autocillin

Asuransi mobil memang sangat diperlukan oleh pemilik mobil pribadi, apalagi dengan resiko kecelakaan yang cukup tinggi. 

Untuk itu, Anda bisa membeli polis asuransi dari Zurich Autocillin sesuai dengan jaminan perlindungan asuransi yang Anda pilih, terdapat 3 jaminan asuransi, di antaranya:

Total Loss Only

Perlindungan asuransi Total Loss Only atau TLO memberikan jaminan atas mobil Anda jika terjadi kerusakan akibat kecelakaan, kehilangan karena pencurian, maupun kebakaran, dengan total penggantian atas kerugian yang diderita lebih dari 75% dari harga mobil tersebut di pasaran.

Polis asuransi yang satu ini menanggung asuransi hingga mobil berusia 15 tahun, dan hanya berlaku untuk mobil komersial dan pribadi. Anda juga bisa mendapatkan layanan derek saat terjadi kecelakaan.

All Risk atau Comprehensive

Ada juga asuransi comprehensive atau asuransi All Risk yang memberikan jaminan atas mobil Anda saat terjadi kerusakan berat maupun ringan, kerusakan tersebut bisa terjadi karena kebakaran, kejatuhan benda, pencurian, tabrakan, benturan, ataupun kecelakaan lainnya. Penggantian kerugian ini dilakukan sebagian maupun keseluruhan mobil.

Berbeda dengan asuransi TLO, polis asuransi comprehensive ini akan menanggung hingga mobil berusia 8 tahun, ada layanan antar jemput ke bengkel, dan ada juga ganti rugi untuk kehilangan barang berharga dengan nilai maksimal Rp2 juta.

Comprehensive Plus

Asuransi comprehensive plus ini merupakan jaminan perluasan asuransi comprehensive yang melakukan penggantian atas kerusakan mobil sebagian atau seluruhnya, hanya saja penyebab terjadinya kerusakan mobilnya yang berbeda, yakni disebabkan oleh kerusuhan dan bencana alam seperti banjir, angin topan, hujan es, badai, gempa bumi, tanah longsor, dan lainnya.

Membayar Premi Asuransi

Setelah Anda memutuskan untuk membeli polis asuransi, tentu saja Anda diharuskan untuk membayar preminya setiap bulan. 

Harga premi Zurich Autocillin yang perlu Anda bayarkan dari asuransi Zurich Autocillin ini cukup beragam, bergantung pada kondisi mobil, wilayah domisili, usia mobil, dan tentu saja produk asuransi yang dipilih. Untuk Anda yang masih bingung dengan kisaran harga premi yang perlu dibayar, Anda bisa menggunakan kalkulator premi untuk asuransi mobil.

Dalam proses pembayaran premi ini, terkadang ada juga kendala yang dialami nasabah sehingga terjadi keterlambatan membayar. Jika demikian, tentu saja Anda akan mengalami beberapa hal mulai dari membayar denda hingga status polis yang diblokir. 

Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya terkait risiko yang akan Anda dapatkan saat terlambat membayar premi:

1. Membayar denda

Risiko terlambat membayar premi yang umum dialami adalah membayarkan denda, akan tetapi pembayaran denda ini hanya berlaku untuk kondisi tertentu saja, seperti nasabah melewati batas maksimal dari waktu pembayaran premi yang sebelumnya sudah ditentukan di dalam polis asuransi.

2. Polis asuransi dibekukan sementara

Jika Anda tidak melunasi tagihan premi, maka polis asuransi yang Anda miliki akan ditangguhkan status kepesertaannya, sehingga untuk sementara waktu Anda tidak bisa mengajukan klaim jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada mobil Anda, sampai semua tagihan premi dibayarkan.

3. Status polis diblokir

Risiko terakhir dan cukup berat jika Anda terlambat membayarkan premi hingga beberapa bulan adalah status polis asuransi Anda akan diblokir atau dinonaktifkan. Dengan begitu semua layanan asuransi tidak dapat Anda manfaatkan.

Akan tetapi, selain karena terlambat membayar premi, Anda juga bisa melakukan cuti premi, yakni periode dimana Anda berhenti membayarkan premi sementara tapi masih bisa mendapatkan manfaat dari polis asuransi yang Anda pilih.

Hal ini biasanya dilakukan saat usia polis sudah lebih dari dua tahun dan pemegang polis ingin menstabilkan finansialnya, namun bukan berarti tidak membayar premi sama sekali, karena masih ada biaya asuransi lain yang tetap harus dibayarkan. Selain itu, ada juga risiko yang ditanggung oleh pemegang polis.


Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya