SUARA INDONESIA

Ditengah Pandemi, Umat TITD Tuban Makin Khusyuk Jalani Sembahyang

Irqam - 12 February 2021 | 08:02 - Dibaca 1.61k kali
Budaya Ditengah Pandemi, Umat TITD Tuban Makin Khusyuk Jalani Sembahyang
Umat Thionghoa Klenteng Tuban terlihat khusyuk saat ritual sembahyang dengan protokol ketat

TUBAN - Ditengah suasana pandemi Covid-19, puluhan warga Tionghoa di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, menggelar ritual sembahyang dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek ke-2572, Kamis, (11/02/2021).

Dalam kegiatan ritual tersebut di lakukan secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat setiap jemaat yang akan melakukan sembahyang.

Ketua Penilik Demisioner dan Ketua Pembina Khonghucu TITD Klenteng Kwan Sio Bio Tuban, Alim Sugiantoro mengatakan, jelang pergantian Tahun Baru Imlek tidak ada perayaan secara khusus.

"Kita malam ini kita melakukan sembahyang untuk mendoakan rakyat Indonesia agar terhindar Covid-19," ungkap Alim kepada suaraindonesia.co.id.

Tokoh Konghucu ini juga menjelaskan, Imlek Tahun 2021 ini merupakan sio Kerbau Logam. Sehingga seluruh umat harus giat menangkal Covid-19 dengan menerapkan prokes sesuai anjuran pemerintah.

"Kita harus menerapkan taat dengan menerapkan 3M yakni rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak," katanya.

Sementara itu pada Imlek tahun ini tidak ada lagi angpao yang biasanya diberikan kepada masyarakat sekitar. Dan untuk umat yang akan melaksanakan sembahyang dihimbau untuk tidak bersamaan.

"Pembagian angpao kali ini tidak ada dan diganti pemberian paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19," terangnya.

Meskipun terpantau sepi dalam perayaan malam Tahun Baru Imlek 2572, Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, di percantik dengan di pasang bola lampion, lilin, dan pernak-pernik lainya. (Irq/jun) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV