SUARA INDONESIA

Ikuti Bersih Desa, Wali Kota Blitar Santoso Ajak Masyarakat Tingkatkan Penerapan Prokes

Satria Galih Saputra - 25 June 2021 | 10:06 - Dibaca 1.04k kali
Budaya Ikuti Bersih Desa, Wali Kota Blitar Santoso Ajak Masyarakat Tingkatkan Penerapan Prokes
Wali Kota Blitar Santoso memotong tumpeng sebagai simbol bersih desa di kelurahan Blitar dimulai

Blitar - Wali Kota Blitar Santoso mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) saat melaksanakan rutinitas sehari-hari. Hal ini dilakukan agar masyarakat terhindar dari paparan penyebaran virus corona. 

"Hari ini Jum'at (25/06/2022) pagi, saya menghadiri langsung acara tasyakuran dalam rangka bersih desa Kelurahan Blitar dan tak lupa saya juga mengingatkan warga supaya lebih disiplin menerapkan Prokes," kata Santoso, Wali Kota Blitar kepada Suara Indonesia. 

Wali Kota Santoso menjelaskan, memang saat ini masih berada di situasi pandemi Covid-19 namun semangat masyarakat dalam memperingati bersih desa tetap terjaga dengan baik. Disamping itu, Ia menilai selama pelaksanaan kegiatan juga terus mengedepankan Prokes. 

"Bersih desa merupakan salah satu tradisi masyarakat jawa, yang di dalamnya terdapat ritual atau sering dikenal dengan sebutan nyadran. Kegiatan nyadran adalah suatu simbol kedekatan antara leluhur dan yang maha kuasa. Semoga adanya agenda ini semuanya mendapat keselamatan, murah rezeki dan terhindar dari mara bahaya," terangnya. 

Selain itu, Wali Kota Santoso juga mengajak masyarakat agar tidak melupakan tradisi yang telah diwariskan oleh leluhur secara turun-temurun ini. Ia meyakini, apa yang sudah diwariskan para leluhur memiliki makna simbolik demi kebaikan manusia di masa mendatang. 

"Mudah-mudahan kedepannya virus corona segera sirna dan kehidupan kembali normal, supaya segela kegiatan yang ada di wilayah setempat bisa berlangsung meriah, regeng, gayeng sarto rukun agawe santoso," imbuhnya. 

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Blitar sekaligus tokoh masyarakat Kelurahan Blitar, Nurali menambahkan, walaupun di tengah peredaran virus corona kegiatan bersih desa di Kelurahan Blitat tetap digelar secara terbatas dengan menerapkan Prokes secara ketat. Ia berharap, musibah Covid-19 segera hilang dan roda ekonomi dapat tertata dengan baik. ADV/HMS

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV