SUARA INDONESIA

9 Manfaat Buah Durian Bagi Tubuh Manusia! Kita Wajib Mengkonsumsinya

Ambang Hari - 12 January 2022 | 15:01
Budaya 9 Manfaat Buah Durian Bagi Tubuh Manusia! Kita Wajib Mengkonsumsinya

SUARA INDONESIA — Buah Durian memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Buah yang memiliki aroma khas ini juga memiliki banyak nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.

Menurut Channel Youtube Kunci Sehat, Buah Durian banyak mengandung Vitamin B1, Vitamin B2, Kalsium, Kalium dan Fosfor. Selain itu, Buah Durian setidaknya memiliki 9 Manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya :


1. Sumber Energi

Dalam 100 gram Buah Durian memberikan sekitar 28% dari kebutuhan Karbohidrat Harian. Karena mengandung Karbohidrat yang cukup tinggi, buah ini mampu membantu untuk meningkatkan energi pada tubuh.


2. Buah Anti Depresi

Durian secara alami mengandung vitamin B6 yang sangat penting untuk produksi hormon serotonin. Hormon serotonin juga berfungsi untuk memberi perasaan nyaman dan senang. Buah ini juga mengandung tryptophan dan asam amino yaitu senyawa yang dapat membuat orang mudah tidur secara alami. Secara tidak langsung, buah ini telah menjadi anti depresi bagi siapapun yang mengkonsumsinya.


3. Baik Untuk Tulang

Durian mengandung Kalsium, Kalium, Fosfor dan Vitamin B yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium sangat penting untuk perkembangan pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Kalium menjadi pengatur distribusi dan pengendapan kalsium agar tidak terkontaminasi dengan darah.


4. Mencegah Penuaan Dini

Durian mengandung Vitamin C antioksidanbyang dapat membantu menjaga stres oksidatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Semakin Rendah tingkat stres oksidatif, maka semakin lambat proses penuaan.


5. Baik Untuk Pencernaan

Durian mengandung serat makanan yang cukup tinggi. Hal tersebut berfungsi untuk sistem pencernaan yang normal. Sel usus besar juga menggunakan serat sebagai bahan bakar yang membantu menjaganya tetap sehat.


6. Menstabilkan Gula Darah

Buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 55. Semakin kecil angka indeks glikemiks, maka semakin sedikit dampak makanan pada gula darah.


7. Mencegah Kurang Darah

Durian mengandung sejumlah mineral penting seperti asam folat yang merupakan komponen penting dalan produksi trombosit. Kandungan folat juga penting bagi ibu hamil, karena bisa meningkatkan pertumbuhan jaringan secara teratur.


8. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan Vitamin dan Mineral pada Durian dapat menurunkan kadar kolesterol, sehingga aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh tetap terjaga dengan baik. Dinding pembuluh darah akan tetap sehat tanpa adanya pertumbuhan plak maupun kolesterol.


9. Menurunkan Resiko Kanker

Durian memiliki banyak vitamin, nutrisi dan bahan kimia organik yang berfungsi sebagai antioksidan. Pasalnya, sifat antioksidan dapat menjaga sel-sel dalam tubuh manusia dari paparan radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas dapat menghancurkan DNA sel biasa dan mengubahnya menjadi kanker.


(*Amb)

Pewarta : Ambang Hari
Editor : Ambang Hari

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV