SUARA INDONESIA

Tampil Memukau, Pasangan Ini Dinobatkan jadi Jebeng dan Thulik Banyuwangi Youth Festival 2022

Muhammad Nurul Yaqin - 20 June 2022 | 14:06
Budaya Tampil Memukau, Pasangan Ini Dinobatkan jadi Jebeng dan Thulik Banyuwangi Youth Festival 2022

BANYUWANGI- Banyuwangi Youth Festival 2022 berlangsung meriah. Ajang yang digelar oleh anak muda Banyuwangi ini, menampilkan berbagai atraksi dalam mendukung program Pemkab Banyuwangi. Dalam ajang itu, dinobatkan pula Jebeng dan Thulik Banyuwangi 2022, yang akan bertugas selama setahun mempromosikan program pembangunan di Banyuwangi. 

Banyuwangi Youth Festival 2022 merupakan wadah bagi pemuda di Banyuwangi menunjukkan bakatnya melalui pemilihan Jebeng Thulik Banyuwangi 2022. Kegiatan ini dipercayakan kepada Perkumpulan Jebeng Thulik Banyuwangi, dengan menggelar ajang pemilihan Jebeng dan Thulik mulai anak usia dini hingga remaja. 

Dalam Banyuwangi Youth Festival 2022, telah digelar pemilihan Jebeng Thulik Cilik kategori TK, SD hingga SMP. Dan puncaknya, digelar pula Pemilihan Jebeng Thulik 2022 sebagai duta daerah, duta budaya dan duta pariwisata di Banyuwangi di Gesibu Blambangan, Sabtu malam (19/6/2022). 

Saat tampil di atas panggung, para pemenang dari ajang Banyuwangi Youth Festival 2022 menyuguhkan atraksi tarian dan fragmen yang menyuguhkan keindahan Banyuwangi dan program-program pembangunan yang salah satunya adalah Banyuwangi Rebound. 

"Kami memberi wadah dan kesempatan bagi anak muda untuk berkontribusi dalam membangun Banyuwangi. Mereka akan promosi capaian-capaian dan keberhasilan Pemkab Banyuwangi," ujar Bupati Ipuk Fiestiandani yang hadir secara online dalam ajang ini. 

Ipuk berharap, kegiatan ini dapat mencetak muda-mudi Banyuwangi yang bertanggung jawab, berintegritas dan turut mempromosikan seluruh potensi yang ada di Banyuwangi. 

"Tentu kami tidak bisa sendiri. Seperti halnya Bung Karno katakan, berikan aku 10 pemuda, maka akan ku goncangkan dunia. Sehingga peran serta anak muda tentu sangat berdampak bagi kemajuan Banyuwangi," pungkasnya. 

Sementara itu, dalam ajang itu, Aurellia Rizka Paramita dan Gatra Samudra Dionline dinobatkan menjadi Jebeng dan Thulik 2022, dalam ajang pemilihan Jebeng Thulik dalam rangkaian Banyuwangi Youth Festival 2022. 

Mereka mengalahkan 9 pasang finalis Jebeng Thulik 2022 yang telah menjalani karantina selama 2 pekan di Banyuwangi. Namun 9 pasang finalis tersebut juga menyandang sebagai duta bagi masing-masing Dinas yang ada di Banyuwangi. 

Aurellia Rizka Paramita dan Gatra Samudra Dionline tampil apik memukau penonton dan dewan juri Dengan cakap mereka menjawab pertanyaan juri dalam sesi tanya jawab dalam penentuan dan penobatan Jebeng Thulik Banyuwangi 2022. 

"Tentu saya bersyukur dengan meraih kemenangan di Jebeng Thulik ini. Tapi yang jelas kemenangan ini adalah kemenangan bersama pemuda Banyuwangi telah diberi kesempatan dalam ajang Banyuwangi Youth Festival 2022," ujar Aurellia Rizka Paramita. 

Gatra Samudra Dionline pun berharap kemenangan ini bisa menjadi harapan baru pemuda Banyuwangi turut andil dalam pembangunan disegala sektor di Banyuwangi. Karena, setiap finalis Jebeng Thulik telah menjadi duta dari Dinas-Dinas di Kabupaten Banyuwangi.

"Kami saat ini diberikan kesempatan untuk ikut andil dalam promosi program-program Pemkab Banyuwangi. Semoga selama setahun ini, kami bisa mengembang tugas dengan baik," ujar Gatra. 

Ketua Perkumpulan Jebeng Thulik Banyuwangi, Panca Diah Puspita berterima kasih kepada Pemkab Banyuwangi yang memberikan kepercayaan kepada pemuda di Banyuwangi untuk turut andil dalam membangun Banyuwangi melalui Banyuwangi Youth Festival 2022. 

"Dalam ajang ini terdapat pemilihan Jebeng Thulik yang sudah vakum selama 2 tahun karena pandemi. Dan ini kesempatan kami menunjukkan bahwa kami bisa," ujarnya. 

Dia berharap, pemenang dalam ajang Jebeng Thulik Banyuwangi 2022 bisa berkiprah dan diikutsertakan dalam mempromosikan program-program dan keberhasilan Pemkab Banyuwangi dalam segala bidang. 

"Kami juga telah memilih duta-duta dari kedinasan yang akan terlibat dalam promosi dan sosialisasi yang dilakukan Pemkab Banyuwangi," pungkasnya. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya