SUARA INDONESIA

Tempat Baru, Pedagang Kaki Lima Alun-alun Kota Blitar Gelar Doa dan Selamatan

Arik Susanto - 05 January 2023 | 20:01 - Dibaca 1.92k kali
Budaya Tempat Baru, Pedagang Kaki Lima Alun-alun Kota Blitar Gelar Doa dan Selamatan
Pedagang menggelar doa dan selamatan

BLITAR - Pedagang kaki lima alun-alun Kota Blitar Jawa Timur menggelar doa dan selamatan tumpeng atas tempat barunya yang dibangun oleh Pemerintah Kota, Kamis (05/01/2023). 

Dalam acara tersebut, dihadiri langsung oleh Sekda Kota Blitar Priyo Suhartono, Kepala Disperindag Kota Blitar, Kepala Satpol PP Kota Blitar, anggota Dishub dan sejumlah masyarakat. 

Sekda Kota Blitar Priyo Suhartono mengatakan, pemindahan tempat pedagang ini guna menjaga wajah Kota Blitar tetap keren, bersih dan kondusif. Sehingga, diberikan sejumlah fasilitas agar tidak semrawut. 

"Awalnya mereka jualan di utara alun-alun Kota Blitar dan kini kita sediakan tempat baru berada disisi timur. Selain itu, sudah disediakan booth container juga supaya jualannya tampil lebih menarik dan laris manis," terangnya. 

Kemudian, lanjut Priyo, hasil rapat bersama lintas sektor, sisi utara alun-alun Kota Blitar akan digunakan sebagai tempat parkir kendaraan roda dua dan roda empat. Lalu, sisi sebelah timur digunakan sebagai tempat jualan pedagang kaki lima. 

"Jadi jalan sebelah timur itu searah, warga masyarakat bisa parkir kendaraan di depan Pendopo Kabupaten Blitar dan berjalan masuk ke alun-alun untuk menikmati jajanan khas Kota Blitar," ucapnya. 

Mengenai keberadaan burung kuntul yang banyak ditemui di pohon beringin alun-alun, Priyo meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup agar setiap seminggu sekali dilakukan pembersihan kotorannya tidak baik dipandang mata. 

"Selain itu, baunya juga sangat menyengat sekali jika nanti banyak pengunjung yang datang dan melihat kotoran pasti akan merasa kecewa. Makanya saya minta kepada dinas terkait supaya melakukan pembersihan secara berkala," tegasnya. 

Sementara itu, Ketua pedagang kaki lima alun-alun Kota Blitar Yosi menambahkan, selamatan berupa tumpeng adalah wujud syukur para pedagang dan memohon kepada sang pencipta agar penjualan mereka tambah lancar. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Arik Susanto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV