SUARA INDONESIA

Kukuhkan Forum BUMDes, Sekda Kabupaten Malang: Pilar Perekonomian Desa

Gito Wahyudi - 14 September 2020 | 12:09 - Dibaca 1.16k kali
Ekbis Kukuhkan Forum BUMDes, Sekda Kabupaten Malang: Pilar Perekonomian Desa
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat Kukuhkan Forum Komunikasi Antar Pengelola BUMDes.

KABUPATEN MALANG - Bupati Malang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM mengukuhkan Forum Komunikasi Antar Pengelola BUMDes di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin (14/09/2020).

Pengukuhan itu sekaligus penyerahan Piagam Penghargaan kepada pendamping Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD).

Sebagai pilar perekonomian desa, menurut Wahyu, tidak sedikit BUMDes di Indonesia yang berhasil menjadi penggerak perekonomian.

"Hal ini dapat meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sekaligus menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa," bebernya.

Lanjut Wahyu, peningkatan itu tidak terlepas dari upaya semua pihak, sehingga pengelolaan BUMDes dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional.

"Perkembangan BUMDes Di Kabupaten Malang sendiri, sangat menggembirakan. Ini merupakan kebanggaan tersendiri karena dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir perkembangannya sangat luar biasa," ujarnya.

Dari 300 BUMDes yang telah terbentuk, 79 BUMDes dalam kategori mandiri, 127 BUMDes kategori berkembang dan 94 sisanya dalam rintisan. 

Selain itu diantaranya banyak yang berprestasi dan menjadi rujukan studi banding dari beberapa BUMDes di Indonesia.

"Ini menunjukkan keseriusan para pengelola BUMDes bersama Pemerintah Desa masing-masing dalam pengembangan unit-unit usahanya," kata Wahyu.

Wahyu berharap keberadaan Forum Komunikasi Antar Pengelola BUMDes ini menjadi wadah komunikasi, sehingga semua BUMDes di Kabupaten Malang dapat bersinergi sekaligus menjadi media untuk saling membimbing, dan bekerja sama.

"Semoga forum ini mensupport 94 BUMDes yang masih dalam rintisan bisa semakin berkembang," paparnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gito Wahyudi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV