SUARA INDONESIA

Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal Bondowoso, Mahasiswa KKN Unej Bersama Astra Gelar Pelatihan Branding Kopi

Bahrullah - 03 March 2021 | 06:03
Ekonomi Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal Bondowoso, Mahasiswa KKN Unej Bersama Astra Gelar Pelatihan Branding Kopi

BONDOWOSO - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Jember (Unej) bersama Astra menggelar pelatihan branding kopi,bdi Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Pelatihan branding kopi itu, dilakukan bertujuan untuk meningkatkan nilai tawar produk lokal yang berpotensi ekonomis di Bondowoso.

Hal itu disampaikan oleh Sony, S.P, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan yang juga Mahasiswa KKN Universitas Negeri Jember, Senin (1/3/2021).

Lebih lanjut, Sony menerangkan, Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur dengan potensi bidang pertanian dan perkebunan yang sangat besar.

"Salah satunya bisa ditunjukkan dengan potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Sumberwringin," ujarnya.

Sony menjelaskan, potensi terbesar salah satunya ada di kecamatan Sumberwringin, berupa perkebunan kopi yang dapat menghasilkan biji kopi robusta dan arabika.

"Kopi sebagai salah satu produk unggulan Kecamatan Sumberwringin perlu mendapat perhatian lebih karena memiliki kualitas yang tidak kalah dengan daerah lain" sambungnya.

Menurut Sony, potensi yang dimiliki inilah membuat banyaknya para pelaku UMKM Kopi di Kecamatan Sumberwringin yang telah memiliki pangsa pasar di beberapa daerah tertentu.

Dia mengatakan, sejak awal munculnya Covid-19 banyak sekali dampak yang dialami para pelaku UMKM Kopi, diantaranya adalah mulai menurunnya jumlah konsumen yang datang untuk sekedar membeli produk kopi, sehingga menyebabkan berkurangnya jumlah produk kopi yang terjual.

Dia menuturkan, tidak meratanya pemahaman penggunaan media sosial dan E-commerce, serta belum adanya akses untuk pemasaran bersama, sehingga berakibat pada beberapa pelaku UMKM Kopi tidak memproduksi produk kopi lagi.

Menurutnya, Berdasarkan latar belakang tersebut, maka mahasiswa KKN UNEJ Astra mengadakan pelatihan branding produk kopi se-Kecamatan Sumberwringin.

"Pelatihan yang diadakan pada tanggal 27 Februari 2021 di Kampung Kopi Kluncing ini dihadiri oleh 17 peserta yang merupakan para pelaku UMKM Kopi di Kecamatan Sumberwringin," tuturnya.

Tutus Sugeng Hariyadi, Marketing dan Content Creator Rumah Kopi Banjarsengon, yang diundang menjadi pemateri dalam kegiatan itu mengatakan, pelatihan itu dilakukan untuk mendongkrak potensi yang dimiliki oleh masyarakat Kecamatan Sumberwringin dalam bidang produk kopi.

“Dalam pelatihan ini kami memfokuskan pada cara penulisan deskripsi yang menarik disertai dengan desain yang bagus, serta pembuatan konten tertentu guna menunjang branding produk yang dimiliki," ujarnya.

selain itu kata dia, peserta juga diajarkan tentang digital marketing sebagai solusi pemasaran di saat pandemi.

"Bentuk pembelajaran yang dilakukan pada kegiatan ini untuk memberikan pemahaman pentingnya suatu perbandingan produk untuk menarik minat para pecinta kopi serta meningkatkan nilai jual produk agar berdaya saing tinggi,” ujarnya.

Dia mengutarakan, acara pelatihan ini mampu memberikan manfaat dan kesan yang baik bagi para peserta, terbukti dengan keaktifan para peserta selama diskusi berlangsung.

Selain itu, Sigit, peserta pelatihan menambahkan, pelatihan ini memiliki dampak yang begitu signifikan bagi para peserta.

 “Kegiatan pelatihan tersebut memiliki nilai positif bagi para pelaku UMKM disini, terutama terkait pembelajaran soal manajemen pemasaran dan permodalan yang selama ini menjadi problem disini,” ujar Sigit.

Senada pula yang disampaikan Okta, salah satu peserta berharap agar adanya tindak lanjut dari kegiatan pelatihan tersebut.

”Para pelaku UMKM semakin semangat untuk berlomba dalam membranding produknya masing-masing, harapannya ada bentuk tindak lanjut yang dilakukan oleh penyelenggara pasca pelatihan ini,” tuturnya.

Hermanto Rohman, Korpus Pemberdayaan Masyarakat  Universitas Jember, juga menyampaikan, bahwa Pelatihan ini merupakan kegiatan yang diperlukan untuk pelaku UMKM Kopi di Kecamatan Sumberwringin.

"Dengan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelaku UMKM agar lebih inovatif dan kreatif dalam hal branding produk mereka masing-masing," ujarnya.

Selain itu, kata Hermanto, harapan terbesarnya adanya pelatihan itu adalah untuk memperluas pangsa pasar dan memperkenalkan produk kopi yang ada di Kecamatan Sumberwringin kepada wisatawan lokal dan mancanegara.

Pewarta : Bahrullah
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV