SUARA INDONESIA

Berkah Qurban 1000 Sapi, BPKH dan LAZUQ Sasar ke Pelosok Negeri

Gono Dwi Santoso - 22 July 2021 | 13:07 - Dibaca 1.34k kali
Ekbis Berkah Qurban 1000 Sapi, BPKH dan LAZUQ Sasar ke Pelosok Negeri
Penyaluran Daging Qurban Program Kemaslahatan BPKH BERKAH QURBAN 1442 H, di Desa Darurejo, Kecamantan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.Rabu (21 /07/2021).

JOMBANG - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui Program Kemaslahatan tahun ini menyalurkan qurban sebanyak 1000 ekor sapi yang tersebar di kurang lebih 835 Titik di 34 provinsi di seluruh Indonesia. 

Untuk wilayah yang dijangkau pun tak tanggung-tanggung, mulai dari Aceh sampai Pulau terluar Sebatik, serta wilayah lain seperti Papua dan Papua Barat. Dalam pelaksanaannya BPKH bekerjasama dengan Mitra Kemaslahatan  salah satunya Laz Ummul Quro Jombang. 

Dalam Pelaksanaan Berkah Qurban dilakukan dengan mengacu protokol kesehatan ketat termasuk dengan melakukan pemotongan hewan Qurban di Rumah potong Hewan. Pendistribusian daging qurban juga dilakukan langsung ke rumah penerima manfaat akhir, sehingga tidak ada kerumunan di lokasi pemotongan hewan kurban. 

Daging qurban juga diolah menjadi berbagai jenis produk seperti kornet, rendang siap santap, Abon yang dikemas higienis sebagai upaya mendukung ketahanan pangan masyarakat Indonesia khususnya yang berada di wilayah terpencil, terluar, tertinggal dan terdampak bencana.  

Disampaikan oleh Kepala Badan Pelaksana BPKH- Anggito Abimanyu di sela-sela pembagian daging qurban di wilayah Jakarta selatan  “Momentum Hari Raya Idul Adha menjadi saat yang tepat untuk membantu sesama sehingga pemilihan lokasi di wilayah terpencil di tanah air diharapkan agar berkah dari Qurban ini dapat turut dirasakan masyarakat di seluruh tanah air “ terangnya. 

Pemberian bantuan ini sesuai dengan komitmen BPKH dalam menyalurkan Nilai manfaat Dana Abadi Umat (DAU) melalui bidang kemaslahatan sebagaimana diatur dalam PP No 5 tahun 2018 Tentang pelaksanaan Undang-Undang No 34 tahun 2014 mengenai pengelolaan keuangan haji dan PBPKH No 7 Tentang prioritas kegiatan kemaslahatan. 

Anggito Abimanyu juga menyatakan bahwa berkah qurban ini bukan merupakan dana setoran awal jamaah, namun merupakan nilai manfaat hasil pengelolaan Dana Abadi Umat yang berdasarkan UU 34 tahun 2014 dimandatkan Kepada BPKH. “ Seluruh Nilai Manfaat akan di kembalikan kepada Umat di seluruh Indonesia dalam kegiatan kemaslahatan”- pungkasnya. 

Ketua Laz Ummul Quro, Muhammad Rony mengatakan bahwa “Pembagian daging dilakukan langsung ke rumah-rumah penerima manfaat akhir agar tidak terjadi kerumunan dalam bentuk daging segar dan daging beku. Berkah Qurban 1442 H BPKH melalui Mitra Kemaslahatan LAZUQ menyebar maslahat untuk Negeri,” ungkap Rony.  

Pemotongan untuk hewan qurban yang berada  di lokasi Zona Merah, telah dilengkapi surat ijin dari petugas Distribusi Progam Kemaslahatan BPKH mencakup prasarana ibadah, kesehatan, pelayanan ibadah haji, ekonomi umat, pendidikan dan dakwah serta sosial keagamaan .

Bantuan yang disalurkan secara langsung dan tidak langsung yang bermanfaat untuk kebaikan umat sesuai dengan asas prinsip syariah, kehati-hatian, manfaat, nirlaba, transparan dan akuntabel, pungkasnya.( Adv ).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV