SUARA INDONESIA

Menjulang Tinggi Hingga 60 Meter, Pesona Jembatan Kereta Api ini Memanjakan Mata

Ambang Hari - 02 November 2021 | 19:11
Ekonomi Menjulang Tinggi Hingga 60 Meter, Pesona Jembatan Kereta Api ini Memanjakan Mata

SUARA INDONESIA - Jika kita menelusuri Hutan Gumitir yang terletak di perbatasan Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi, kita dapat menjumpai banyak sekali pemandangan yang spektakuler mulai dari pegunungan, hutan yang asri hingga sebuah jembatan Kereta Api yang sangat tinggi dan panjang.

Terletak di Dusun Mrawan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, sebuah jembatan Kereta Api yang menjadi akses penghubung antara Jember dan Banyuwangi menjulang tinggi.

Jembatan tersebut, dibangun bersamaan dengan pembangunan Jalur Kereta Api Kalisat - Banyuwangi pada era kolonial Belanda antara Tahun 1901-1902 dan menjadi salah satu ikon di perkeretaapian Daop 9 Jember.

Dengan panjang mencapai 100 meter dan tinggi 60 meter dari permukaan tanah, Jembatan yang kerap dijuluki dengan sebutan Jembatan Mrawan ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto bagi para pecinta dunia fotografi terutama dari kalangan Pecinta Kereta Api.

Jembatan biasanya identik dengan sungai yang berada dibawahnya, namun tidak dengan Jembatan Kereta Api yang satu ini. Dibawahnya terdapat banyak sekali rumah-rumah warga, sekolah bahkan hingga industri pengolahan kopi yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII.

Selain sebuah Jembatan Kereta Api yang menjulang tinggi, terdapat pula Terowongan Kereta Api sepanjang 690 menter yang berada di dekat Stasiun Mrawan. Terowongan tersebut juga sangat cocok digunakan sebagai tempat berwisata bersama keluarga, saudara dan rekan-rekan kita.

Pewarta : Ambang Hari
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV