SUARA INDONESIA

Dua Hama Serang Tanaman Buah Melon Milik Petani di Madiun

Prabasonta - 20 November 2021 | 16:11 - Dibaca 1.68k kali
Ekbis Dua Hama Serang Tanaman Buah Melon Milik Petani di Madiun
Salah seorang petani melon di Desa Kedungjati, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun memperlihatkan buah melon yang diserang hama tikus. ( Foto: Yoni/SuaraIndonesia.co.id )

MADIUN - Dalam sepekan terakhir, hama tikus dan jamur mendadak menyerang buah melon milik petani melon Desa Kedungjati, Kecamatan Balurejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur sehingga menyebabkan kerugian.

Dampaknya, buah melon menjadi rusak dan berlubang. Padahal, sebentar lagi buah melon tersebut memasuki masa panen.

Seperti yang dialami seorang petani bernama Mat Gumali, lahan sekitar satu hektar yang ditanami buah melon hampir merata terserang hama tikus.

Menurutnya, serangan hama tikus menyerang pada malam hari, akibatnya buah melon yang hampir memasuki masa panen ini banyak yang rusak dan berlubang.

 "Serangan hama tikus, membuat petani terancam merugi, apalagi harga buah melon saat ini juga menurun dari yang semula 8 ribu rupiah kini menjadi 6 ribu rupiah per kilogram " ujar Mat Gumali menjelaskan, Sabtu (19/11/2021) di lokasi pertanian.

Sementara itu, untuk estimasi lahan satu hektar biasanya dapat menghasilkan sekitar 15 ton buah melo.

"Namunz pada panen kali ini diperkirakan akan mengalami penurunan, akibat dua serangan hama tersebut," paparnya.

Sebagai langkah cepat, sejumlah petani selain membasmi dengan berbagai pestisida , juga memasang jaring di lahan buah melon, untuk mengatasi hama tikus yang semakin hari semakin mengganas. ( Yoni )


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Prabasonta
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV