SUARA INDONESIA

5 Unit Usaha Menjadi Awal Kesuksesan BUMDes Nglaris Purworejo 

Agus Sulistya - 02 January 2022 | 18:01
Ekonomi 5 Unit Usaha Menjadi Awal Kesuksesan BUMDes Nglaris Purworejo 

PURWOREJO - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama milik Desa Nglaris, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo menggelar Rapat Akhir Tahun (RAT) dengan sederhana di salah satu rumah makan yang terletak di Jl. H. Juanda, Dusun V Mranti, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (02/01/2022).

Manager BUMDes Maju Bersama Nglaris, Rojain saat ditemui awak media mengatakan, BUMDes Maju Bersama tersebut berdiri pada tahun 2018 dan saat ini sudah mempunyai lima unit usaha.

"Untuk lima usaha itu yang pertama pengolahan air baku, kedua pertokoan, yang ketiga air minum isi ulang dan air dalam kemasan, keempat perbankan dan yang kelima adalah pasar desa," katanya.

Lebih lanjut, Rojain mengungkapkan, awal berdiri BUMDes tersebut mendapatkan modal awal penyertaan dari masyarakat, kedua penyertaan modal dari Pemdes Nglaris serta bantuan dari dana aspirasi 

"Untuk pendapatan, BUMDes Maju Bersama rata-rata penghasilanya Rp 10 juta sampai Rp 15 juta perbulan dan total aset yang dimiliki BUMDes sampai saat ini sebesar Rp 2.000.872.000 ," ungkap Rojain.

Sementara itu, Kepala Desa Nglaris Nirman menyampaikan, dirinya merasa optimis dan berterima kasih dengan adanya program pemerintah yang memberdayakan masyarakat melalui BUMDes tersebut supaya menjadi desa yang mandiri mendapatkan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kami selaku Kepala Desa juga tidak bisa memberikan prigram seandainya tidak ada program dari kementrian supaya bisa maju bersama," ucapnya.

Kades berharap, pada tahun 2022 Desa Nglaris bisa mandiri terkait masalah perekonomian untuk masyarakat melalui BUMDes.

"Kita akan melakukan program menggunakan DD apalagi sekarang sudah diatur oleh pemerintah untuk tahun 2022 melalui ketahanan pangan. Kemudian dari BUMDes selaku pelaksana kegiatan kami percayakan 20 persen untuk dana kegiatan ketahanan pangan nanti kita wujudkan program pemberdayaan kelompok pertanian yang ada," ucapnya.

Selanjutnya, Kasi PMD dari Kecamatan Bener Sudiyo sangat mengapresiasi kegiatan BUMDes Maju Bersama Nglaris karena menjadi satu-satunya BUMDes di Kecamatan Bener yang bisa berjalan mulai tahun 2018 sampai sekarang.

"Kami mewakili dari Kecamatan Bener sangat mengapresiasi karena BUMDes ini sudah bisa melaksanakan laporan pertanggungjawanan keuangan secara akurat akuntabel pada akhir tahun," ucapnya.

Dirinya mengaharapkan kepada BUMDes Maju Bersama ditahun 2022 PAD bisa mencapai Rp 30 juta bahkan lebih.

"Dari unit-unit mudah-mudahan berjalan dan ditambah unit pupuk organik, kami juga mengusulkan supaya ditambah lagi satu unit untuk bank sampah. Kami juga apresiasi kepada rekan-rekan media karena sudah memberikan pendampingan kegiatan hari ini," tutup Sudiyo.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV