SUARA INDONESIA

Bung Karna Lepas Keberangkatan Kapal Laut Rute Situbondo menuju NTB

Syamsuri - 08 May 2022 | 03:05
Ekonomi Bung Karna Lepas Keberangkatan Kapal Laut Rute Situbondo menuju NTB
SUARA INDONESIA - Bupati Situbondo
H.Karna Suswandi, berangkatkan Kapal Veri KMP Parama Kalyani dari Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, menuju Pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (7/5/2022).

Dalam pelepasan perdana itu, Bupati didampingi oleh Direktur Sarana Transportasi Jalan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Danto Restyawan dan Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Ahmad Thontowi D.

"Alhamdulillah pada hari ini, penyeberangan rute Jangkar-Lembar NTB sudah dibuka, walaupun hanya uji coba. kami berharap ini akan terus berlangsung. Sehingga tidak perlu lagi sosialisasi," ujar H.Karna Suswandi, dihadapan awak media, Sabtu (7/5/2022).

Menurutnya, dengan adanya pengguna jasa kapal feri melalui pelabuhan Jangkar ke NTB itu, masyarakat akan lebih cepat sampai ke tujuan yang biasanya 13 jam, menjadi 11 jam daripada melewati pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

"Sehingga, para penumpang bisa hemat waktu sekitar dua jam dari rute biasanya ,"ucapnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini juga menambahkan, bagi kendaraan truk bermuatan berat khususnya akan lebih hemat.

"Waktu berlayar, sekitar dua jam ketimbang melewati perjalanan di darat melintasi jalur pantura hutan baluran ke Pelabuhan Ketapang," terangnya.

Sementara itu, untuk pelebaran jalan menuju Pelabuhan Jangkar sendiri, menurut Bung Karna, tahun ini sudah dilaksanakan.

"Pemerintah Daerah Situbondo juga akan memfasilitasi tempat parkir yang lebih luas di kawasan pelabuhan,"katanya.

Sementara itu, Eko Prabowo, salah seorang penumpang asal Jember menjelaskan, bahwa dirinya mengakui baru pertama kali menyeberang melalui Pelabuhan Jangkar ke Lembar NTB.

"Walaupun pertama kali, kami tidak khawatir karena kapal feri ini sudah sesuai dengan standar yang ditentukan, sehingga tidak akan membahayakan bagi para penumpang," bebernya.

Eko Prabowo, berharap 
penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar ke Lembar NTB ini bisa terus berlangsung. 

"Intinya kami membantu penumpang hemat waktu sekitar dua jam,"ucapnya.

Sekedar diketahui, penyeberangan jasa angkutan kapal laut ke Lembar NTB, melalui Pelabuhan Jangkar Situbondo ini merupakan pengalihan dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Tujuannya untuk mengurangi kepadatan penumpang pada arus balik Lebaran tahun 2022. 

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya