SUARA INDONESIA

Harga Telur Naik di Banyuwangi, Tembus Rp 27 Ribu

Muhammad Nurul Yaqin - 28 May 2022 | 13:05
Ekonomi Harga Telur Naik di Banyuwangi, Tembus Rp 27 Ribu

BANYUWANGI- Harga telur ayam di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengalami kenaikan sejak satu pekan terakhir. 

Seperti pantauan di Pasar Banyuwangi, jika sebelumnya harga telur ayam sekitar Rp 22 - Rp 23 ribu rupiah per kilogram, kini naik menjadi Rp 27 ribu rupiah per kilogramnya.

Menurut pedagang, kenaikan harga telur ayam karena adanya kenaikan harga pakan ayam di peternak. Selain itu, meningkatnya permintaan telur ayam pada musim hajatan ditengarai juga menjadi pemicu naiknya harga telur.

"Hajatan seperti sunatan dan kawinan banyak sekarang. Katanya juga harga pakan naik, sehingga harga telur juga naik. Saat ini sudah Rp 27 ribu. Katanya akan kembali naik," ucap pedagang telur, Askaya (60), Sabtu (28/5/2022).

Hal senada dikatakan pedagang lain, Aida (38). Kenaikan harga telur berdampak pada jumlah pembelian.

"Konsumen pada mengeluh. Jadinya mengurangi jumlah pembelian, yang awalnya beli setengah kilo sampai satu kilo, cuma seperempat kilo," tuturnya.

Selain harga telur, Aida membeberkan, sejumlah komoditas pangan seperti cabai rawit, cabai merah besar, bawang merang dan ranti mawar ikut melonjak.

Cabai rawit di Pasar Banyuwangi menyentuh harga Rp 60 ribu yang sebelumnya berkisar di Rp 25 ribu. Cabai merah besar awalnya Rp 40 ribu kini naik Rp 60 ribu per kilogram.

Ranti mawar naik Rp 20 ribu dari harga awal Rp 10 ribu dan bawang merah dari harga Rp 28 hingga Rp 30 ribu saat ini tembus Rp 40 ribu per kilogramnya.

"Kenaikan harga sejumlah komoditas pangan ini sudah terjadi sepekan terakhir ini," tutupnya.  (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya