SUARA INDONESIA

Sate Suki, Kuliner Legendaris Asli Jombang

Gono Dwi Santoso - 21 June 2022 | 20:06
Ekonomi Sate Suki, Kuliner Legendaris Asli Jombang

JOMBANG - Siapa yang tidak suka sate.  Kuliner yang satu ini sangat cocok dinikmati dengan lontong disantap disantap bersama keluarga dan teman saat sore hari .

Di Jombang, ada sate ayam murah meriah dan rasanya sangat membangkitkan selera serta diburu banyak pelanggannya yang dikenal dengan nama Sate Suki.

Sate  ayam khas  dari Jombang  ini,  mempunyai ciri khas spesial yaitu bumbu rempah yang khas ada kacang mente, menjadikan sate Suki banyak di buru pembeli.

Aromanya sangat khas tercium saat melintas di jalan Gus Dur tepatnya di depan pertokoan ruko simpang tiga Jombang.

Bisnis kuliner Sate Suki ini, sudah dijalankan oleh  generasi ke 3 dan di kelola keluarga Pak di generasi ke dua.

Ditemui di standnya  Indri Budiarti ( 38 ) pengelola usaha kuliner Sate Suki menceritakan, awal mula  sate Suki ini berdiri di jalan Wahid Hasyim pada tahun 1970 silam .

"Kuliner sate Suki ini ,dirikan oleh Pak Sabar dan dilanjutkan ke generasi ke dua Pak Di dan sekarang pindah lokasi ke simpang tiga  diteruskan oleh generasi ke tiga," terangnya kepada media Selasa (21/06/2022).

Indri mengatakan,untuk jam operasional  kuliner Sate Suki ini buka antara jam 4 sore sampai jam 10 malam dan untuk harga sate Suki sangatlah terjangkau.

"Di tempat ini, sate dihargai satu porsi sate ayam per sepuluh tusuk Rp 12 ribu, sate kulit Rp 12 ribu , sate ati ampela Rp 12 ribu dan sate telur muda Rp 3 ribu pertusuk  kalau tambah lontong tambah Rp  2 ribu kalau tambah nasi Rp 3 ribu," sebutnya.

Alasan pelanggan datang ke stand ini kebanyakan pelanggan  bernostalgia, ingin mencicipi kuliner sate ayam.

"Sate Suki ini karena bumbu rempah khas mente nya yang sudah menjadi ciri khas sejak lama tahun 1970-an, " terangnya.

Indri menambahkan, jualan sate suki ini sehari habis 200 porsi dan omzet penjualan kisaran 6 juta perbulannya.

"Untuk pelanggan kuliner sate Suki ini dari Jombang, Nganjuk, Kediri, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya dan paling jauh pelanggan dari Solo," terangnya.

Ditemui saat makan Sate Suki, Iin Andayani (41 ) warga Jombang mengatakan, dia mengaku terbiasa dan sudah berlangganan di tempat itu

"Alasannya, harganya sangat terjangkau dan rasanya yang khas saat makan  membuat lidah ketagihan pengen makan kesini  lagi," paparnya.

Biasanya, kata dia, dirinya bersama keluarga kesini tiap minggu, disamping lokasinya yang strategis dan dekat dengan rumah Sate Suki ini juga bisa  dibeli lewat COD.

"Yang  membedakan, Sate Suki ini adalah rempah bumbunya sangat terasa di lidah sehingga membuat saya  ketagihan pengen makan sate Suki ini  , pungkasnya.

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya