SUARA INDONESIA

50 Lebih UMKM Berpartisipasi, PRK Digadang Sukses Dongkrak Ekonomi Kalisat

Wildan Mukhlishah Sy - 29 August 2022 | 18:08 - Dibaca 1.96k kali
Ekbis 50 Lebih UMKM Berpartisipasi, PRK Digadang Sukses Dongkrak Ekonomi Kalisat
Camat Kalisat Umar Faroeq, saat memantau UMKM di PRK. Foto: Istimewa

JEMBER- Sebanyak 50 lebih pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), turut berpartisipasi dalam meramaikan event Pekan Raya Kalisat (PRK) sejak Selasa (23/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022).

Hal tersebut digadang-gadang, akan berhasil mendongkrak perekonomian masyarakat di Kecamatan Kalisat.


Ketua UMKM Kalisat Asri Eka Vinanti mengatakan, dirinya sangat bersyukur karena memiliki pimpinan yang sangat mendukung, atas perkembangan UMKM yang ada di wilayahnya.

Lebih lanjut, menurutnya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri ketika para pelaku UMKM, dilibatkan dalam event terbesar perdana di Kecamatan Kalisat.

Wanita yang akrab disapa Tante Vins tersebut menilai, dengan adanya PRK, para pelaku UMKM dapat mengembangkan produknya untuk lebih naik kelas dan lebih dikenal, serta diterima oleh masyarakat.

"Insyaallah bisa mengangkat perekonomian. Saya sangat bersyukur memiliki pak Camat, yang sangat support sekali atas perkembangan UMKM," ucapnya, kepada suaraindonesia.co.id, Senin (29/8/2022).

Tak hanya itu, dari gelaran PRK kemarin, dirinya jadi bisa mengetahui bahwa setiap desa di Kalisat memiliki produk unggulannya masing-masing.

"Terbukti kemaren selama pekan raya kita jadi tau ternyata dari setiap desa mempunyai produk unggulan masing-masing," katanya.

Dirinya berharap, pelaku UMKM di Kalisat nantinya juga bisa mendapatkan pelatihan dan kesempatan untuk berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan Pemkab Jember.


Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) Jember Sartini mengatakan, adanya PRK juga menjadi wadah untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terkait pengurusan legalitas produk.

"Kami berikan sosialisasi kepada mereka, terutama tentang pentingnya legalitas," ungkapnya.

Sartini mengaku sangat antusias dan mengapresiasi gelaran PRK tersebut, baginya bukan merupakan hal yang mudah untuk menggagas acara yang besar dan ditanggapi positif oleh masyarakat.

"Ini luar biasa sekali, event besar di Kalisat. Semoga kedepannya semakin keren," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV