SUARA INDONESIA

Warga dan Pelaku UMKM Purworejo Antusias Sambut Bener Expo 2022

Agus Sulistya - 04 September 2022 | 02:09
Ekonomi Warga dan Pelaku UMKM Purworejo Antusias Sambut Bener Expo 2022

PURWOREJO - Bener Expo 2022 digelar dengan menampilkan pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Gelar Budaya yang diadakan di Lapangan Kaliboto, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa tengah, Sabtu (03/09/2022).

Kegiatan itu bertujuan mempromosikan hasil kreativitas UMKM masyarakat di Kecamatan Bener.

Bener Expo 2022 dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Purworejo, Gatot Suprapto ditandai dengan pukulan gong.

Dalam kegiatan itu hadir juga Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo, Gatot Suprapto, Sekretaris DinKUKMP Purworejo, Titik Mintarsih, perwakilan BBWSO, perwakilan BOB (Badan Otorita Borobudur) Yogyakarta, Kepala Kesbangpol Purworejo, Forkompincam, Kepala Desa di Kecamatan Bener, Kepala Sekolah, Pelaku UMKM dan tokoh masyarakat Kecamatan Bener.

Beragam pergelaran seni budaya diperlihatkan untuk menyemarakkan kegiatan itu, salah satunya tari Kuda Kepang SD, Kasuga Music, Tari Sodo juara FLS2N dari SD Jolodoro Guntur, Kuda Lumping Waris Manunggal Roso, Topeng Ireng Putro Manunggal, dan hadroh El Hawa.

Event itu menjadi gelaran penyerahan beragam juara perlombaan yang dilaksanakan ditingkat Kecamatan Bener.

Ketua Panitia Bener Expo 2022, Vivin Suryandari mengatakan kegiatan tersebut ialah pioner untuk kecamatan dan semua UMKM dari 28 desa di Kecamatan Bener untuk mempromokan hasil kreasi masyarakat semua desa dalam rencana memberikan dukungan adanya dua proyek strategis nasional yang berada di Kecamatan Bener yakni Bendungan Bener dan Borobudur Pariwisata Super Prioritas oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) Yogyakarta.

"Sebuah event yang menampilkan budaya lokal dan pameran produk UMKM hasil kreativitas masyarakat se-Kecamatan Bener, disajikan dalam 28 stan desa, pameran perkembangan Bendungan Bener dan BBWSO, stand pelayanan perbankan, klinik UMKM dan pameran dari Dekranasda Kabupaten Purworejo," sebut Vivin.

Selanjutnya, Vivin menambahkan tujuan expo untuk mengenalkan kepada warga jika di Kecamatan Bener ada dua proyek strategis nasional yakni Borobudur Pariwisata Super Prioritas dan Bendungan Bener yang perlu didukung dan digunakan seluas- luasnya untuk kemakmuran warga Bener pada khususnya.

"Kami ingin mengenalkan ke BOB dan BBWSO serta Kabupaten Purworejo jika Kecamatan Bener dengan 28 desanya mempunyai beragam jenis kesenian budaya, beberapa produk kreativitas dan sumber daya manusia yang unggul, ditunjukkan dengan beragam jenis penghargaan baik secara nasional bahkan internasional," bebernya.

Bener Expo 2022 diadakan untuk membangkitkan semangat warga Bener untuk berkreatifitas, bereksperimen dalam bidang apa saja terutama bagi mendukung dua proyek nasional yang berada di Kecamatan Bener.

"Kami ingin tingkatkan ekonomi warga di Kecamatan Bener. Kami menginginkan terjadi sinkronisasi kegiatan baik nasional atau regional hingga terikat kerja sama yang lebih intensif di antara BOB, BBSWO, Kabupaten Purworejo dan Kecamatan Bener," terangnya.

Dijelaskannya, adanya kegiatan Bener Expo 2022 memang untuk promo yakni promo kreativitas UMKM dan ekonomi dan untuk membangkitkan gairah semangat masyarakat di Kecamatan Bener.

"Jika kita harus mulai sadar sekarang ini kita punya Bendungan Bener, punya Badan Otorita Borobudur yang perlu kita sokong supaya kita bukan hanya jadi penonton. Expo yang baru pertama diadakan ini mudah-mudahan menjadi agenda tahunan ke depan di Kecamatan Bener," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo, Gatot Suprapto, mengapresiasi terlaksananya kegiatan Bener Expo 2022.

Kegiatan tersebut dipandang baik sebagai forum untuk mempromokan hasil produk UMKM kepada masyarakat umum.

"Ya tentu saja di forum ini jika Bener itu dekat sama operasi BOB, tentu saja kita bersiap-siap karena beberapa event seperti BOB dan YIA, Bendung Bener dan tol Purworejo. Kita tidak boleh cuma jadi tamu atau tuan-rumah di negeri sendiri. Kegiatan ini perlu dilaksanakan untuk mengusung citra UMKM kita agar semakin maju kembali dan pasti dapat memperoleh tempat untuk promo," ucapnya.

Adapun penampilan berbagai seni budaya, sambungnya sebagai sinergisitas diantara pariwisata dan UMKM.

"Diharap Bener ini sebagai salah satu lokasi yang prospektif berperan untuk peningkatan UMKM. Ke depan diharap UMKM dapat bangkit, dapat baik kembali karena yang kemarin berhenti karena Covid saat ini dapat jual produ kembali. Semua memberikan dukungan dan menyukseskan program Tresno Purworejo Larisi Purworejo," tandas Gatot.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV